Loading...

Yang Harus Anda Pikirkan Sebelum Bercerai dari Pasangan

Bukan tanpa sebab seseorang tiba-tiba memutuskan untuk bercerai dari pasangannya. Misalnya saja karena pasangan yang selingkuh, sering disakiti atau karena tidak mendapatkan nafkah baik lahir ataupun batin.

Apapun alasan Anda cerai, akan ada pihak-pihak yang merasa tersakiti dengan perceraian Anda. Entah itu dari pihak Anda, pasangan atau bisa juga anak-anak Anda.

Berikut ini adalah empat hal yang perlu Anda pikirkan dan pertimbangkan sebelum Anda yakin mengambil keputusan untuk bercerai:

1. Apa yang Anda dapatkan
Tanyakan pada diri Anda. Bisakah Anda hidup mandiri setelah bercerai? Bisakah Anda mendapatkan pekerjaan dan mencukupi diri Anda untuk kehidupan sehari-hari? Bagaimana dengan anak-anak, akan ikut siapa mereka?

Hal tersebut merupakan beberapa contoh pertanyaan yang perlua Anda tanyakan pada diri Anda sendiri.

2. Apakah Anda akan bahagia
Mungkin saat ini Anda sedang dalam masa kondisi yang menyedihkan. Misalnya saja karena sering dipukul suami, sakit hati karena diselingkuhi pasangan atau lainnya. Namun perlu diingat bahwa perceraian itu juga bisa berdampak stres pada diri Anda. Sehingga hal ini jelas bukan cara cepat untuk membalikan perasaan Anda.

Cobalah tanyakan pada diri Anda, akankah Anda bahagia setelah bercerai?

3. Pengaruh perceraian terhadap anak-anak
Anak merupakan obyek yang akan terkena dampak dari perceraian orang tuanya. Pastikan kemungkinan yang akan terjadi pada anak-anak Anda jika Anda benar-benar akan bercerai. Akankah anak-anak bisa menerima dan tidak tersakiti setelah orang tuanya bercerai?

4. Sudahkah Anda berusaha?
Tidak adanya kebahagiaan dalam pernikahan merupakan indikator adanya kesalahan yang harus diperbaiki. Cobalah cari dan perbaiki terlebih dahulu penyebab Anda dan pasangan menginginkan perceraian.

Bicarakan dengan pasangan secara baik-baik. Selesaikanlah masalah dengan kepala dingin. Namun kalau sekiranya hubungan Anda tidak bisa diperbaiki, maka mungkin perceraian adalah jalan yang terbaik.

loading...
Loading...
Yang Harus Anda Pikirkan Sebelum Bercerai dari Pasangan | lawas | 4.5