Loading...

WinUSB Maker: Software Portable Untuk Membuat Bootable Windows Lewat Flashdisk

Perkembangan komputer saat ini begitu pesat. Dari komputer desktop/PC, laptop, notebook, hingga sekarang yang banyak digemari adalah netbook karena lebih kecil ukurannya sehingga praktis dan mudah dibawa kemana-mana.

Yang jadi masalah adalah karena netbook tidak mempunya CD/DVD drive, maka saat akan menginstall sistem operasi Windows kita akan sangat kesulitan. Sebagai alternatif maka kita harus beli/pinjam CD/DVD drive. Cara lainnya adalah dengan cara install Windows melalui usb flashdisk.

Jika anda ingin melakukan instalasi Windows pada flashdisk, anda mesti memindahkan dahulu data yang ada dari CD/DVD instalasi Windows. Salah satu cara yang mudah adalah dengan menggunakan aplikasi WinUSB Maker. (download disini)

Cara Install Windows di Komputer Lewat Flashdisk

Beberapa Fitur yang terdapat pada WinUSB Maker:

  • Dapat membackup dan Restore (termasuk MBR, Master Boot Record) dari USB Drive
  • Software ini didesign dengan keamanan maksimum, untuk menghindari error dan mencegah kesalahan proses format windows
  • Dapat bekerja dengan Windows dalam DVD, Folder atau ISO Image
  • Dapat memformat USB dalam file sistem NTFS
  • Dapat membuat DOS/GRLDR bootable USB Disk
  • Dapa meng-copy file dengan level kecepatan maksimum
  • Mendukung perangkat yang lebih dari 1 TB

Cara Membuat Booting Windows Lewat USB Flashdisk Menggunakan WinUSB Maker

Agar bisa melakukan install windows di komputer menggunakan flashdisk ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Yaitu CD instalasi windows, komputer, flashdisk dan tentunya software WinUSB Maker.

Siapkan CD/DVD instalasi Windows anda dan masukkan ke optical drive (cd rom). Buka aplikasi WinUSB Maker dan pilih Setup Folder Bootable Disc. Kemudian, tentukan lokasi CD/DVD Windows berada dan klik Make It Bootable. Proses pun telah selesai dan flashdisk Anda sudah bisa digunakan sebagai bootable Windows.

Jika Anda memiliki berkas ISO Windows, Anda tinggal memilih ISO Image Bootable Disk, posisikan lokasi berkas ISO berada, pilih letak flashdisk-nya, lalu klik Make It Bootable. Berkas ISO Windows biasanya didapat saat Anda membeli lisensi secara resmi melalui Microsoft Store. Nantinya, Anda dapat mengunduhnya setelah mendapat akses resmi berupa berkas ISO. Nah, berkas inilah yang bisa Anda gunakan pada media simpan flashdisk.

Sebelumnya, pastikan flashdisk Anda kosong karena proses ini akan menghapus seluruh isi data. Jika Anda ingin memanfaatkan flashdisk sebagai media simpan, lakukan langkah tersebut terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa menggunakan kapasitas yang tersisa sebagai media simpan biasa. Hal ini tidak akan mengganggu sistem bootable Windows yang telah dibuat. Syaratnya, berkas bootable yang ada tidak terhapus atau tertimpa berkas lain.

loading...
Loading...
WinUSB Maker: Software Portable Untuk Membuat Bootable Windows Lewat Flashdisk | lawas | 4.5