Loading...

Waspadai Gejala Kanker Lidah

Kanker lidah merupakan penyakit yang masih jarang ditemui di masyarakat. Namun demikian penyakit ini tidak boleh dianggap remeh. Kanker lidah kebanyakan menyerang kaum pria dengan rata-rata usia 60 tahun, demikian menurut laman asiacancer.com.

Kebiasaan merokok merupakan salah satu faktor penyebab tingginya risiko kanker lidah menyerang kaum pria. Ini artinya, risiko serupa juga akan mengancam kaum wanita jika mempunyai kebiasaan merokok.

Kanker lidah bisa menyerang kaum pria saat usia 20 sampai 75 tahun. Gejala awal kanker lidah ini mirip dengan sariawan. Bedanya, ketika lidah diraba ada pengerasan di sekitar luka. Sementara pada penderita sariawan, wilayah luka terasa lunak jika disentuh, dengan tempat luka yang berpindah-pindah tidak menetap seperti pada kanker lidah.

Umumnya penderita kanker lidah mengalami rasa sakit yang menjalar ke telinga dan leher, nyeri dan sulit menelan, serta lidah menjadi sangat terbatas pergerakannya.

Selain karena faktor merokok, kanker lidah juga bisa disebabkan oleh kebiasaan menyusur tembakau, trauma kronis pada gigi, mengkonsumsi alkohol, rongga mulut tak bersih, dan juga luka akibat gigi palsu.

loading...
Loading...
Waspadai Gejala Kanker Lidah | lawas | 4.5