Loading...

Waspada, pengguna komputer rentan terkena katarak

Apakah Anda pengguna komputer atau laptop yang sehari-hari menghabiskan waktu berjam-jam memandangi layar monitor? Sebaiknya berhati-hati dan jaga kesehatan mata karena ada beberapa kasus pekerja yang kesehariannya memandangi layar monitor terus menerus divonis menderita penyakit katarak di usia yang masih muda.

Katarak memang memang identik dengan penyakit yang diidap oleh kaum lansia. Namun hal ini bisa terjadi pada orang muda karena seringnya mata melakukan kontak langsung dengan cahaya dan radiasi, ultraviolet, atau gelombang mikro dan inframerah. Gejala awalnya berupa pandangan yang menjadi berkabut saat melihat objek, mata buram, lensa mata perlahan terlihat keruh, dan akhirnya penglihatan terganggu karena cahaya tak bisa mencapai retina. Akibatnya, akomodasi mata melemah hingga menjadi katarak.

Lantas, mengapa monitor komputer dan laptop bisa berakibat buruk bagi mata? Lalu bagimana cara mencegahnya? Berikut uraiannya.

  1. 1. Tingkat kecerahan layar yang tidak pas dengan kondisi mata membuat otot mata lekas lelah akibat bekerja lebih keras. Cari tingkat kecerahan yang paling pas bagi mata Anda untuk mencegah mata lelah.
  2. 2. Perhatikan kondisi sekitar. Cahaya kamar atau ruangan yang digunakan untuk beraktifitas di depan laptop sebaiknya jangan terlalu gelap atau terlalu terang. Jika terlalu kontras, mata menjadi tidak nyaman dan bisa mengakibatkan mata lelah.
  3. 3. Monitor yang tidak berkualitas atau memakai komponen VGA yang kurang baik dapat membuat mata lekas lelah. Sebaiknya atur jarak dari mata ke monitor minimal 30 cm.
  4. 4. Istirahat dalam selang waktu 30 menit. Memandang monitor terus menerus tanpa jeda atau istirahat berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan mata seperti mata kering, perih dan iritasi. Alihkan pandangan ke objek yang jauh, gerakan bola mata, serta gunakan tetes mata jika mata terasa perih untuk mengantisipasi gangguan mata lain yang lebih parah.

Semoga informasi tentang tips cara mencegah mata katarak di atas dapat bermanfaat.

loading...
Loading...
Waspada, pengguna komputer rentan terkena katarak | akbar | 4.5