Loading...

Tujuh Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Mengonsumsi makanan sehat sangat diperlukan agar bayi yang dikandungnya bisa tumbuh dengan sehat dan sempurna. Sumber makanan bayi dalam kandungan adalah apa yang dimakan oleh sang ibu. Oleh karenya ibu hamil harus lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil seperi yang dikutip dari The Pregnancy Zone:

1. Alpukat
Alpukat banyak mengandung asam folat yang penting untuk perkembangan otak serta perkembangan sistem saraf pada janin. Alpukatmengandung vitamin B6, vitamin C, dan kalium yang dibutuhkan janin. Alpukat juga sangat baik untuk menjaga kelancaran saluran pencernaan. Sehingga ibu hamil bisa terhindar dari sembelit.

2. Wortel
Kandungan vitamin A pada wortel sangat penting untuk perkembangan mata, tulang, dan gigi bayi. Ibu hamil bisa mengonsumsi wortel untuk dijadikan cemilan, agar lebih nikmat wortel juga bisa dihidangkan dengan berbagai jenis makanan lainya.

3. Brokoli
Kandungan vitamin C, vitamin A, dan kalsium pada brokoli yang cukup tinggi mampu memenuhi kebutuhan ibu hamil. Brokoli juga mengandung banyak nutrisi yang sangat dibutuhkan ibu hamil untuk imunitas dan kekuatan tulang bayi. Sama seperti Alpukat, Brokoli juga memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi.

4. Telur dengan DHA
Telur sangat baik untuk ibu hamil karena mengandung banyak protein dan kalorinya yang rendah. Sementara DHA merupakan asam lemak omega-3, yang merupakan salah satu lemak baik untuk kehamilan. Seperti diketahui, omega-3 sangat bermanfaat untuk pembentukan jaringan retina dan otak pada bayi.

5. Mangga
Kandungan vitamin A dan C pada buah mangga cukup tinggi. Mangga juga tinggi kalium, yang berfungsi untuk mencegah dan meredakan kram pada ibu hamil.

6. Kacang merah dan juga jenis kacang-kacangan lainnya
Tidak hanya kacang merah, jenis kacang-kacangan lainnya juga banyak mengandung mineral penting yang dibutuhkan ibu hamil seperti mangan, tembaga, selenium, magnesium, kalium, seng, dan kalsium.

7. Minyak zaitun
Minyak zaitun kaya akan kandungan lemak tak jenuh dan vitamin E yang baik untuk ibu dan bayi. Ibu hamil bisa menambahkan minyak zaitun pada salad, atau bisa juga dijadikan sebagai pengganti minyak goreng.

Panduan Cara Cepat Hamil

loading...
Loading...
Tujuh Makanan Sehat untuk Ibu Hamil | lawas | 4.5