Loading...

Tips merawat rantai motor agar tetap awet

Motor manual atau kopling biasanya menggunakan rantai sebagai pemutar gerak antara mesin dan roda. Karena sudah menempel pada imej sepeda motor, rantai masih digunakan untuk motor manual ketimbang teknologi baru seperti v-belt yang terdapat pada motor matic. Namun penggunaan sepeda motor dalam jangka waktu lama akan membuat rantai menjadi aus bahkan putus. Jika sudah seperti itu, keselamatan dan keamanan pengendara akan terancam.

Bagi anda yang memiliki tunggangan besi seperti motor bebek atau motor sport, sebaiknya rawatah bagian rantainya dengan cara berikut.

  • Jangan lupa untuk memberikan pelumas atau oli pada rantai secara berkala. Penggunaan motor secara berlebihan akan mengakibatkan rantai kurang kuat dalam mencengkeram gir di dalam mesin atau velg. Rantai yang kering akan membuat kinerja motor menjadi lambat dan menimbulkan bunyi di bagain bawah motor, terutama mesin dan roda belakang.
  • Biasanya rantai akan mulai mengendur jika motor terus digunakan. Rantai yang tidak kencang bahkan terkesan kendor akan sangat membahayakan pengendara. Bawalah motor anda ke bengkel untuk dikencangkan agar motor siap untuk ditunggangi kembali.
  • Saat mencuci motor, sebaiknya jangan terlalu membersihkan bagian rantai dengan seksama. Di dalam rantai tersebut terdapat pelumas yang akan mempermudah kinerja motor sewaktu dijalankan. Membersihkannya sampai benar-benar kinclong sampai ke bagian velg ban justru akan membuatnya rusak.
  • Usia rantai motor bermacam-macam, antara 1-1,5 tahun dan juga tergantung pemakaian. Jika rantai sudah aus dan kinerjanya mulai melambat, segera ganti dengan rantai baru bila rantai yang lama sudah tida bisa dipakai lagi. Jangan memaksa untuk terus menggunakannya karena akan berakibat fatal bagi keselamatan orang yang mengendarainya.

Itulah beragam cara merawat rantai sepeda motor agar tetap awet. Selain itu kualitas rantai juga menentukan apakah ia masih layak digunakan atau tidak. Jangan membeli sparepart motor seperti rantai yang belum terjamin dan teruji kualitasnya. Gunakanlah sparepart original yang meskipun harganya mahal namun kualitasnya tetap terjaga dan aman untuk digunakan.

loading...
Loading...
Tips merawat rantai motor agar tetap awet | akbar | 4.5