Loading...

Tips merawat dan membersihkan rumah pasca banjir

Pasca banjir, rumah yang terendam air pasti berantakan dan kotor. Selain itu ada banyak furniture dan perabotan rumah yang basah, lembab, kotor bahkan rusak dan harus dibuang. Bakteri dan jamur juga berkembang biak di dalam rumah kita sehingga harus dibersihkan dengan seksama.

Karena itu, jika rumah anda menjadi korban musim hujan dan banjir, cobalah beberapa tips untuk merawat dan membersihkan rumah pasca banjir berikut ini.

Matikan aliran listrik

Biasanya PLN memutus aliran listrik di daerah yang dilanda banjir. Namun bila aliran listrik di rumah anda masih menyala, segeralah matikan demi menghindari bahaya seperti korsleting atau tersengat aliran listrik.

Gunakan air bersih

Pasca tergenangnya air di dalam rumah, tentunya ada banyak lumpur dan kotoran yang masuk. Bersihkanlah dengan air bersih dan serokan karet untuk mengusir lumpur dari dalam rumah. Setelah itu, bersihkan kembali dengan kain pel dan cairan pembersih ruangan.

Semprotkan desinfektan

Agar terhindar dari berbagai penyakit pasca banjir yang ditimbulkan kuman dan bakteri dalam rumah, semprotkanlah desinfektan ke dinding, lantai atau daerah yang sulit dijangkau seperti kolong lemari, tempat tidur dan sela meja.

Jemur barang yang lembab

Barang yang lembab menjadi tempat pertumbuhan kuman dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Untuk menghilangkannya, cobalah untuk mengeringkannya di bawah sinar matahari langsung. Untuk barang-barang seperti pakaian, selimut atau handuk, sebelum dijemur anda bisa mencuci atau merendamnya di air panas terlebih dahulu.

Rebus peralatan makan

Perabotan makan, terutama yang terbuat dari logam, menjadi tempat bertumbuhnya kuman sehingga sebelum digunakan, usahakan untuk merendamnya dalam air panas atau disiram dengan air mendidih terlebih dahulu agar anda terhindar dari penyakit pencernaan.

loading...
Loading...
Tips merawat dan membersihkan rumah pasca banjir | akbar | 4.5