Loading...

Tips menjaga sepeda motor agar tidak dicuri

Kasus pencurian sepeda motor di Indonesia sangat tinggi dan cukup memprihatinkan. Modusnya pun kini semakin canggih dan beragam.

Jika dulu modusnya adalah menggunakan kunci letter T, maka kini mereka memakai sejenis cairan kimia bernama ‘cairan setan’ yang dituang ke dalam lubang kunci kendaraan. Dengan cairan tersebut, para oknum yang tidak bertanggungjawab itu dapat langsung menyalakan sepeda motor dan membawa pergi apa yang bukan menjadi haknya.

Oleh karena itu, untuk menghindari kejadian yang tidak inginkan seperti pencuri yang hendak mengambil sepeda motor Anda, maka cobalah tips-tips untuk mengamankan kendaraan roda dua tersebut.

Beri kunci tambahan
Tak ada salahnya Anda menambahkan kunci lain di sepeda motor seperti kunci roda, kunci stang, kunci disc cakram atau bahkan rantai dan gembok. Dengan berbagai kunci tambahan tersebut, pastinya membuat oknum pencuri berpikir dua kali sebelum mengambil sepeda motor milik anda.

Pengaman hubungan listrik
Meski telah diberi cairan setan, namun bila hubungan listrik di sepeda motor Anda tak ada maka sepeda motor tak akan bisa jalan atau dinyalakan. Pasanglah kunci rahasia untuk memutuskan hubungan aliran listrik di sepeda motor sehhingga meminimalisir risiko pencurian.

Jauhi mobil box
Saat memarkir kendaraan Anda, sebisa mungkin jauhi mobil box atau pick up. Ada modus pencurian yang melibatkan mobil box yang berfungsi mengangkut kendaraan yang diincarnya. Karena itu, selalu berwaspadalah demi menghindari kemungkinan terburuk.

Parkir resmi
Pilihlah tempat parkir yang resmi dan terpercaya. Bila dimungkinkan, letakkan sepeda motor di area yang mudah Anda awasi juga. Jangan terpedaya dengan parkir murah namun keamanannya sangat tidak terjamin. Lebih baik keluar uang sedikit lebih banyak ketimbang kehilangan kendaraan bukan?

Loading...
Tips menjaga sepeda motor agar tidak dicuri | akbar | 4.5