Loading...

Tips menjaga pola makan saat berlibur

Liburan memang menyenangkan, namun jangan sampai kesenangan liburan tersebut menjadi terganggu oleh pola makan tidak teratur yang dapat menyebabkan rasa sakit selama berlibur.

Salah makan atau mengkonsumsi makanan yang kurang tepat akan menyebabkan berbagai macam risiko penyakit seperti mual, perut sakit dan flu. Karena itu menjaga pola makan adalah hal yang wajib anda lakukan meskipun sedang berlibur.

Selain belum terbiasa dengan iklim dan cuaca dari lokasi berlibur yang kita pilih, tubuh juga harus menyesuaikan diri dengan makanan yang dikonsumsi.

Tips cara menjaga pola makan saat berlibur

Agar tubuh terasa lebih sehat, sebaiknya cobalah tips-tips menjaga pola makan saat berlibur yang bisa anda coba dengan cara berikut.

– Pola makan 3 kali sehari di waktu yang tepat harus tetap dipertahankan. Namun sebaiknya hindari makan malam di atas pukul 20.00 karena asupan kalori dari makanan yang anda konsumsi akan berubah menjadi timbunan lemak karena aktifitas fisik yang relatif lebih ringan pada malam hari.

– Hindari makan terlalu banyak sebelum berangkat karena perjalanan akan membuat perut terasa mual. Bila rasa mual sudah mulai menghinggap, cobalah konsumsi makanan bercitarasa asam atau istirahat sejenak di rest area.

– Jangan rakus, anda tidak harus mencicipi semua makanan yang ada saat liburan tersebut. Siasatilah dengan mencoba sedikit saja untuk menikmati rasanya yang unik dan khas. Bila ada makanan ringan yang patut untuk dicicipi, sebaiknya dikonsumsi sebagai cemilan diluar jam makan.

– Pilih makanan yang lebih sehat. Kurangi makanan yang mengandung banyak minyak dan kolestrol. Makanan mentah atau yang diolah secara direbus atau dikukus bisa menjadi pilihan tepat. Selain itu anda juga bisa mengkonsumsi makanan yang lebih sehat seperti buah, sayuran atau kacang-kacangan.

– Jangan makan terlalu banyak dan makanlah dengan jumlah secukupnya saja. Selain itu kurangi juga konsumsi cemilan yang kurang sehat karena anda tidak dapat menghitung jumlah kalorinya yang masuk ke dalam tubuh. Anda tidak ingin setelah liburan berat badan menjadi naik bukan?

– Perbanyak minum air putih, kurangi konsumsi minuman ringan seperti softdrink yang mengandung kafein, soda atau alkohol. Air putih sangat baik untuk kesehatan karena dapat membantu proses pencernaan serta menetralisir kolestrol.

Agar holiday terasa lebih sehat, jagalah pola makan anda secara teratur. Selamat berlibur.

loading...
Loading...
Tips menjaga pola makan saat berlibur | akbar | 4.5