Loading...

Tips mengurangi kebiasaan merokok

“Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin.”

Slogan itu mungkin sudah sering anda lihat dalam bungkusan rokok, namun ternyata banyak orang yang sepertinya pura-pura tidak melihat tanda peringatan akan bahaya dari rokok tersebut. Rokok bukan hanya bisa menyebabkan berbagai macam penyakit, dengan merokok maka anda akan mebentuk suatu kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan anda di masa depan jika konsisten dilakukan dalam jangka waktu yang panjang.

Kandungan nikotin yang terkandung dalam rokok bisa merusak organ dalam seperti paru-paru sehingga semakin memberatkan pernapasan. Agar terhindar dari bahaya merokok, sebaiknya lakukan langkah-langkah berikut yang bisa mengurangi kebiasaan anda dalam menghirup zat nikotin tersebut.

1. Tulis target anda

Tulislah dalam secarik kertas kata-kata penyemangat untuk mengingatkan anda agar menghilangkan kebiasaan buruk tersebut. Misalnya seperti ‘AKU BUKAN PEROKOK LAGI!’ atau ‘MULAI SEKARANG AKU PASTI BISA BERHENTI MEROKOK!’ Gunakan kalimat yang mengandung arti kepastian, jangan menggunakan kalimat seperti ‘akan’ karena berarti bisa direalisasikan atau tidak. Taruh kertas dengan tulisan tersebut di tempat-tempat yang mudah anda lihat. Andapun bisa menggunakan wallpaper dengan bertuliskan hal yang sama pada telepon genggam anda.

2. Buat pengalihan

Biasanya banyak perokok aktif yang selalu ingin merokok setiap kali mulutnya terasa gatal dan ingin menghisap sebatang zat nikotin tersebut. Alihkanlah keinginan anda dengan mengkonsumsi buah-buahan yang lebih sehat atau jika ingin yang lebih praktis, cobalah untuk mengemut permen atau permen karet setiap kali keinginan untuk merokok muncul agar kebiasaan tersebut berkurang.

3. Batasi pergaulan

Pergaulan yang dimaksud adalah pergaulan dengan sesama teman perokok. Melihat mereka menghisap sebatang rokok tentu akan menjadi godaan besar bagi kita untuk melakukan hal yang sama. Karena itu sedikit menjauhlah dari teman anda ketika ia sedang merokok agar anda tidak menghirup asap dari rokok tersebut sehingga membuat rasa ingin mencoba kembali itu muncul.

Kebiasaan merokok dapat kita kurangi bahkan dihilangkan jika kita memiliki keinginan kuat dan disiplin dalam menjalankannya. Selain itu anda juga membutuhkan suport dan dukungan dari lingkungan sekitar agar lebih memudahkan anda dalam mengurangi kebiasaan buruk tersebut.

loading...
Loading...
Tips mengurangi kebiasaan merokok | akbar | 4.5