Loading...

Tips mengkonsumsi minuman manis

Minuman manis memang identik dengan kandungan gula berlebih sehingga jika terlalu banyak dikonsumsi akan menyebabkan risiko penyakit seperti diabetes atau kencing manis. Namun kandungan gula juga diperlukan oleh tubuh sebagai sumber tenaga demi menunjang aktifitas. Salah satu cara untuk memenuhi asupan tersebut adalah dengan cara mengkonsumsi minuman manis.

Tahukah anda bahwa mengkonsumsi minuman manis sebenarnya memiliki manfaat bila dimimun dalam waktu yang tepat. Berikut ini adalah ulasan tentang kapan sebaiknya kita mengkonsumsi minuman manis.

  1. Jika perut terasa lapar dan keroncongan, cobalah untuk mengkonsumsi minuman manis terlebih dahulu seperti kopi, teh atau jus. Mengkonsumsi makanan berat langsung akan membuat perut terkena maag, dengan minum minuman manis maka asam lambung akan dinetralisir terlebih dahulu.
  2. Saat tubuh terasa lelah akibat aktifitas fisik yang berlebihan, konsumsi minuman manis dalam kondisi dingin juga akan terasa lebih menyegarkan. Namun sebaiknya jangan dikonsumsi dalam kadar gula berlebih agar lebih aman.
  3. Anda pernah makan makanan yang tidak enak? Biasanya bekas dari makanan tersebut akan tetap terasa di lidah. Cara yang tepat untuk membuang rasa tidak enak di mulut itu adalah dengan cara mengkonsumsi minuman manis sehingga indera pengecap anda terasa lebih fresh dan segar kembali.

Itulah waktu yang tepat untuk mengkonsumsi minuman manis, namun hindari juga mengkonsumsinya dalam waktu-waktu berikut:

  1. Jika anda sedang menonton televisi, lupakan minuman manis seperti softdrink karena hanya akan tertimbun sebagai lemak. Selain itu anda juga tidak dapat menghitung jumlah asupan kalorinya dengan tepat karena dibarengi dengan cemilan tidak sehat lainnya.
  2. Jangan sering-sering mengkonsumsi minuman manis setiap kali selesai makan. Ingat kandungan gula dan karbohidrat didalamnya akan bertambah dua kali lipat karena makanan dan minuman yang anda konsumsi.
  3. Pantang sekali untuk minum minuman manis sebelum tidur. Jangan lupa minuman tersebut mengandung kalori yang bisa menjadi lemak bila tidak digunakan. Karena itu sebaiknya konsumsilah jenis minuman yang mengandung gula tersebut minimal 3 jam sebelum tidur.

Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
bahaya tepung kanji

Tips mengkonsumsi minuman manis | akbar | 4.5