Loading...

Tips menghilangkan bau amis pada seafood

Seafood mengandung banyak protein dan zat gizi lain yang membuatnya layak untuk dikonsumsi. Namun, jika ingin mengolah atau memasak seafood sendiri tentu bukanlah perkara mudah. Hal ini disebabkan karena bau amis pada ikan, udang atau cumi yang sulit untuk dihilangkan.

Namun sebenarnya, ada tips jitu untuk mengurangi bahkan menghilangkan bau amis pada seafood. Berikut cara-caranya.

1. Air
Cara paling praktis untuk menghilangkan bau amis pada seafood adalah dengan menggunakan air bersih. Cucilah dengan air yang mengalir sampai daging benar-benar bersih dan bau amisnya sedikit berkurang.

2. Air jeruk nipis
Melumuri ikan atau olahan seafood lainnya dengan air jeruk nipis dapat menghilangkan bau amis. Namun sebaiknya, daging baru dilumuri dengan dengan air jeruk nipis menjelang dimasak agar teksturnya tidak rusak.

3. Kunyit
Parutan kunyit selain dapat menghilangkan bau amis juga dapat membuat seafood menjadi lebih wangi dan enak saat dimakan. Namun jangan menggunakan kunyit terlalu banyak agar daging tidak berubah warna. Untuk satu kilogram seafood bisa gunakan dua sendok makan kunyit untuk melumurinya.

4. Air asam jawa
Sebelum mengolah seafood, sebaiknya rendam daging pada air asam jawa secara merata. Cara ini akan membantu mengurangi bau amis pada daging.

5. Perasan lemon
Sama seperti air jeruk nipis, perasan lemon juga dapat membunuh bakteri dan mengurangi bau amis pada seafood. Perendaman atau pelumuran daging pun sebaiknya jangan terlalu lama agar tekstur daging tidak rusak dan langsung diolah setelah dilumuri.

6. Susu segar
Susu segar ternyata juga dapat digunakan untuk meminimalisir bau amis pada seafood. Caranya adalah dengan mencuci daging sampai bersih kemudian rendam dengan susu segar cair selama beberapa menit dan daging pun siap untuk diolah.

loading...
Loading...
cara menghilangkan bau amis pada susu murni, cara menghilangkan bau amis pada udang, cara menghilangkan bau amis susu sapi murni

Tips menghilangkan bau amis pada seafood | akbar | 4.5