Loading...

Tips menghadapi anak yang sudah tumbuh dewasa

Jika saat ini anda adalah orangtua yang memiliki anak yang sudah bertumbuh dewasa, pola didik yang diberikan tentu tidak akan sama seperti ketika ia masih kecil. Kedewasaan dalam berpikir, mengambil keputusan dan menentukan pilihan hidupnya sendiri tentu sudah harus anda perhitungkan. Saat anak anda dewasa tentunya ia akan memiliki pola pikir sendiri sesuai dengan tingkat kedewasaanya, namun sebagai orangtua anda tetaplah harus membimbing dan menuntun langkah si buah hati agar dia tidak salah dalam mengambil keputusan. Dan ada beberapa hal yang harus anda perhatikan untuk menghadapi anak yang sudah dewasa ini.

1. Jadillah pendengar yang baik

Pada saat anak sudah beranjak dewasa mungkin ia akan mulai jarang bercerita kepada orangtuanya. Tentunya faktor kedekatan anda pada anak sangat menentukan untuk menjadi pendengar yang baik. Jika ia mulai bercerita tentang kehidupannya baik karir, rumah tangga maupun studi tak ada saahnya untuk tetap mendengarkan tanpa interupsi. Tak perlu terlalu mengekang atau memerintah, cukup berikan pendapat anda dengan lebih perusasif agar ia dapat menerimanya dengan terbuka.

2. Selalu mendukungnya

Anak anda sudah dewasa dan dapat berpikir dan mengambil keputusan secara pribadi. Menentang atau melarangnya hanya akan membuatnya merasa kehilangan dukungan, padahal sebagai anak tentu saja ia membutuhkan dukungan dari orangtua sebagai penyemangatnya. Jika hal itu bertujuan baik dan positif tak ada salahnya untuk tetap mendukungnya dalam menentukan pilihan. Namun jika hal tersebut salah dan keliru, katakanlah secara baik-baik dan utarakan pendapat anda dengan lebih halus.

3. Beri contoh

Sadar atau tidak karakter dan tingkah laku anak kita saat dewasa tentu akan mengikuti orangtuanya sebagai role model karena anda adalah orang yang sering dijumpainya setiap hari. Jika anda memiliki watak keras jangan salahkan jika anak juga berwatak keras dan susah diatur. Karena itu berilah contoh yang baik kepada anak anda dari sedini mungkin sehingga anda mampu menghadapi dan tetap membimbingnya meskipun ia sudah dewasa.

Kedewasaan tidak tergantung pada umur, tak heran ada yang sudah berusia diatas kepala tiga tapi tingah lakunya seperi anak kecil atau yang masih belasan tahun tapi sudah mampu berpikir dengan matang. Kedewasaan anak juga berasal dari pola asuh dan pola didik anda sebagai orangtua, karena itu didiklah anak anda dengan penuh cinta kasih agar ia kelak menjadi orang yang dewasa dan berguna bagi orang lain.

loading...
Loading...
cara melunakkan semen yang mengeras, cara atasi semen membatu, Cra mengtasi semen yg keras, Cara mencairkan semen yang sudah beku, cara menggunakan semen yg mengeras, Cara menghaluskan semen yang sudah beku, cara menghancur kn semen yg keras, cara menghancurkan kembali semen yang sudah keras biar bubuk, cara menghancurkan semen uang menggumpal, cara menghancurkan semen yang mengeras, apakah semen yang dah keras masih bisa digunakan, cara menghilangkan semen yg sudah keras, cara mudah melunakkan semen yang mengeras, Cara mudah menghancurkan semen menggumpal, gebetan moody, pemotong kaca yang tumpul, cara menggunakan semen yang sudah mengeras, cara mengatasi semen yang sudah mengeras karena lama ngga di pakai, apakah semen yg sudah keras bisa di perbaiki lagi, cara agar semen tidak mudah mengeras, cara melebur semen, cara melebur semen yang menjadi batu, cara melelehkan semen yg sudah keras, cara melemaskan semen yang sudah mengeras, cara membuat lunak semen yang sudah mengeras, cara mencairkan semen berbatu, cara mencairkan semen di tangan, cara mencairkan semen yang beku, cara mengatasi semen jadi keras biar bisa di pakai lg, cara mengatasi semen yang mengeras

Tips menghadapi anak yang sudah tumbuh dewasa | akbar | 4.5