Loading...

Tips menggoreng makanan agar lebih sehat

Makanan yang digoreng memang lebih nikmat dan terasa renyah, namun dibalik kelezatan makanan tersebut terdapat sejumlah penyakit yang bisa disebabkan oleh makanan yang terlalu berminyak. Makanan berminyak mengandung banyak lemak trans, lemak jenuh dan kolestrol. Mengkonsumsinya secara berlebihan tentu akan menimbulkan berbagai penyakit seperti kolestrol, serangan jantung atau obesitas. Karena itu sebaiknya jangan membeli makanan di luaran yang diolah dengan cara digoreng karena tidak terjamin kualitas kehigienisannya. Cobalah untuk menggoreng makanan anda sendiri dirumah, tentunya dengan beberapa tips agar makanan anda terasa lebih sehat dan juga lezat.

1. Gunakan minyak yang tepat

Minyak jagung, minyak canola atau minyak biji bunga matahari tentu terasa lebih sehat jika digunakan untuk menggoreng makanan. Gunakan minyak secukupnya dan goreng makanan seperti sosis, nugget, daging, telur dan bahan makanan lainnya sampai ia matang. Minyak tersebut tidak terlalu mengandung banyak lemak sehingga aman untuk dikonsumsi.

2. Masak dengan api kecil

Bagi anda yang suka menggoreng makanan dengan cara deep fried atau menggunakan banyak minyak tentu harus mengatur besarnya api dalam kompor. Memasak dengan api besar akan membuat minyak semakin panas dan membuat makanan cepat gosong namun masih mentah di bagian dalam. Masaklah dengan api kecil sampai makanan yang anda goreng lebih matang secara merata.

3. Adonan yang tipis

Masih tentang memasak deep fried, anda yang hobi membuat gorengan seperti tahu, pisang, ubi, tempe dan bahan lainnya tentu akan melapisinya terlebih dahulu dengan adonan tepung yag sudah dicairkan. Sebaiknya jangan membuat lapisan adonan yang terlalu tebal di dalam makanan karena kandungan minyaknya akan terserap dalam lapisan gorengan tersebut. Buatlah adonan tipis sekitar 2-3mm saja.

Dengan cara menggoreng yang tepat, makanan yang kita konsumsi akan lebih aman dan menyehatkan. Lapisan lemak dalam minyak memang akan tetap menempel dalam makanan, namun setidaknya kita bisa meminimalisir asupan lemak melalui gorengan yang kita makan sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit.

loading...
Loading...
Tips menggoreng makanan agar lebih sehat | akbar | 4.5