Loading...

Tips mengelola keuangan keluarga

Mengatur keuangan di keluarga sangat penting dilakukan. Hal ini disebabkan karena jika anda mengatur keuangan dengan baik akan mengurangi resiko terjadinya masalah keluarga, dan juga untuk mencapai tujuan keluarga anda misalnya untuk menyediakan pendidikan setinggi tingginya untuk anak, membeli mobil baru ataupun rumah. Beberapa tips berikut mungkin berguna untuk anda:

1. Evaluasi keuangan tahun lalu

Lakukanlah evaluasi keuangan tahun lalu, apakah sudah sesuai target rencana atau mungkin belum. Evaluasilah kondisi keuangan satu tahun terakhir untuk bisa menilai bagaimana tingkat keuangan anda serta untuk mengetahui dimana letak kesalahan yang mungkin pernah dilakukan tahun lalu supaya tidak dilakukan tahun berikutnya.

2. Pemasukan dan pengeluaran

Untuk mengetahui bagaimana kondisi keuangan di keluarga anda, anda perlu melakukan identifikasi pemasukan dan pengeluaran uang. Untuk membeli apa saja uang tersebut, apakah barang yang dibeli berguna atau tidak. Jika tidak, berusahalah untuk tidak membelinya lagi. Dan kenali juga pemasukan anda, bandingkan dengan pengeluaran. Apakah lebih besar pemasukan atau pengeluaran. Misalkan lebih besar pemasukkan itu sudah termasuk baik, tetapi jika lebih besar pengeluaran anda perlu mengurangi pembelian hal-hal yang kurang berguna bagi anda dan keluarga.

3.Anggaran belanja

Anda perlu membuat anggaran belanja untuk keluarga anda. Ini dilakukan agar pengeluaran anda terperinci. Anda dapat memasukkan nominal jumlah nilai uang yang keluar untuk tiap anggaran itu. Tulislah dari kebutuhan mendasar, kebutuhan pokok sampai kebutuhan lainnya yang anda rasa perlu.

4.Belajar untuk disiplin

Jika anda sudah menyiapkan semuanya, namun semua itu masih kurang. Tanpa adanya disiplin, semua yang anda siapkan itu sia-sia . Untuk itu, anda harus disiplin menjalankan rencana itu.

Itulah beberapa tips dan cara untuk mengelola keuangan keluarga, semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
Tips mengelola keuangan keluarga | akbar | 4.5