Loading...

Tips mengajarkan anak agar gemar membaca

Buku adalah jendela dunia. Dengan membaca buku kita akan masuk ke dunia ilmu pengetahuan dan wawasan yang lebih luas. Tentunya kebiasaan membaca buku harus dilakukan secara konsisten sejak dini. Namun, saat ini ada banyak anak yang malas membaca karena tulisannya yang panjang atau ceritanya yang membosankan.

Lantas, bagaimana caranya agar anak gemar membaca sejak usia dini? Berikut tipsnya.

1. Jadikan sebagai dongeng pengantar tidur
Salah satu tips yang cukup efektif agar anak hobi membaca adalah dengan membacakannya dongeng. Tak hanya itu, orangtua juga bisa menunjukkan setiap huruf satu per satu sampai ia bisa membacanya. Cara ini efektif untuk anak yang masih balita atau playgroup.

2. Berikan buku bergambar
Buku yang tepat untuk anak yang masih berada dalam usia pra-sekolah adalah buku yang besar dan bergambar. Bila ada kalimat, sebaiknya hanya kalimat segaris dan masih terkait dengan gambar tersebut sehingga anak menjadi tertarik untuk membacanya agar lebih paham isi buku.

3. Ajak ke perpustakaan atau toko buku
Ajaklah anak ke perpustakaan atau toko buku. Dengan mengenalkan buku sejak dini, kebiasaannya untuk membaca buku akan semakin terasah. Selain itu orangtua juga bisa memberikan bacaan yang tepat sesuai usianya.

4. Sediakan buku di meja
Meski belum masuk sekolah, ada baiknya orangtua memberikan meja yang bisa digunakan untuk belajar sendiri, mewarnai atau mencoret-coret buku, menggambar dan membaca. Selalu sediakan buku di atas meja sehingga jika penasaran, ia akan membuka dan mulai membacanya.

5. Quality time
Adalah penting bagi orangtua menyediakan waktu yang berkualitas untuk anaknya. Waktu yang berkualitas tersebut juga bisa digunakan untuk hal yang bermanfaat seperti bermain atau belajar, termasuk membaca buku, dengan cara yang lebih menyenangkan.

loading...
Loading...
Tips mengajarkan anak agar gemar membaca | akbar | 4.5