Loading...

Tips menata rumah yang sempit supaya nyaman

Dimasa kini memang sudah sangat sulit untuk mendapatkan lahan yang besar untuk membuat rumah. Selain karena memang susah untuk mendapatkan lahan yang luas, harga yang tinggi membuat banyak orang memilih untuk membuat rumah minimalis.

Banyak orang yang beranggapan kalau rumah yang nyaman adalah rumah yang lega dan besar, namun jangan salah kalau rumah sempit pun dapat menjadi nyaman jika anda tahu cara menata interiornya. Anda harus mempertimbangkan antara penampilan dengan fungsi.

Berikut ini adalah tips bagaimana menata rumah yang sempit agar terasa lebih luas dan nyaman :

Menata secara efektif

Anda harus memperhatikan ruang yang kosong di rumah anda, jika ada maka sebaiknya ruangan itu anda gunakan untuk meletakkan barang yang tidak dipakai. Misalnya jika rumah anda bersusun maka di bagian bawah tangga anda dapat meletakkan kotak yang berisi barang barang. Jadi gunakan secara efektif setiap sudut rumah anda.

Jendela dan kaca

Letakkan jendela pada posisi yang cocok sehingga sinar matahari yang masuk cukup untuk siang hari di rumah anda. Pasang juga kaca, hal ini dilakukan supaya rumah anda terlihat luas dan lega. Untuk peletakan jendela sebaiknya perhatikan beberapa faktor yaitu sinar matahari, pertukaran udara, dan ukuran .

Cat warna terang

Jika rumah anda sempit dan anda memberi warna gelap, maka rumah anda juga akan terlihat lebih sempit. Oleh karena itu gunakan cat berwarna terang agar ruangan terlihat luas. Namun jika anda memakai wallpaper, gunakan wallpaper bermotif dan warna yang lembut misalnya bermotif bunga atau garis-garis.

Cermin

Setiap ruangan sebaiknya anda letakkan cermin di setiap sudutnya. Dengan ini ruangan yang sempit akan tertutupi dengan keadaan cermin ini. Cukup satu cermin setiap ruangan dan cerminnya tidak perlu terlalu besar.

Furniture

Jika rumah anda sempit, sebaiknya gunakan furniture yang sederhana dan simpel. Furniture sederhana dan simpel memiliki ukuran yang tidak terlalu besar sehingga tidak memakan ruangan terlalu banyak. Tempatkan juga furniture ini secara tepat agar tidak mengganggu kenyamanan.

loading...
Loading...
Tips menata rumah yang sempit supaya nyaman | akbar | 4.5