Loading...

Tips mempersiapkan biaya kuliah untuk anak

Pendidikan memang sangat perlu dan penting, namun di tengah melonjaknya biaya pendidikan yang serba mahal saat ini para orangtua tentunya akan berpikir keras untuk menyiapkan biaya pendidikan buah hatinya sampai ke tahap perguruan tinggi. Untuk menyiapkan biaya kuliah harus dilakukan sejak dini bahkan ketika anak masih belum duduk di bangku playgroup sekalipun. Jangan sampai keinginan untuk memberikan pendidikan yang terbaik baginya harus terbentur dengan kesulitan biaya.

Untuk mempersiapkan biaya kuliah secara matang dan terencana, sebaiknya cobalah beberapa tips berikut.

1. Sebaiknya pilih beberapa universitas atau perguruan tinggi yang dapat menjadi pilihan untuknya kelak. Cobalah untuk melakukan perhitungan kenaikan jumlah biaya kuliahnya per tahun dari saat ini dan diakumulasikan sampai ia lulus. Dengan begitu anda sudah mempersiapkan segala kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi di masa depan.

2. Menabung memang penting untuk menyiapkan biaya pendidikan, namun cobalah untuk menyimpannya lewat asuransi pendidikan. Dengan membayar preminya secara berkala dan mempelajari protofolionya dengan tepat, anda bisa menghitung akumulasinya dan dapat disesuaikan dengan jumlah pendidikan anak anda kelak.

3. Berinvestasi bisa menjadi salah satu pilihan karena daya ungkitnya lebih baik ketimbang hanya dtabung lewat asuransi atau deposito. Reksa dana, unit link serta jenis investasi lainnya yang khusus untuk biaya pendidikan bisa menjadi pilihan yang tepat. Jangan lupa juga untuk mempelajari setiap risiko dari investasi tersebut.

4. Selain biaya pokok untuk pendidikan anak, biaya lain-lain juga harus dipikirkan. Terlebih jika anak anda akan merantau keluar kota demi menempuh pendidikan disana. Biaya hidup sehari-hari dan biaya macam-macam untuk kuliahnya harus dihitung dengan cermat dan dikirimkan secara berkala.

5. Akan lebih baik jika anak anda juga mengikuti program beasiswa sehingga biaya kuliah yang sudah anda siapkan dapat ditekan. Tentunya biaya tersebut juga harus disimpan demi mencegah segala kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi kelak sewaktu ia masih berkuliah.

Meskipun masih panjang, namun mempersiapkan sejak awal adalah pilihan yang bijak. Jangan menunggu sampai waktunya datang sehingga keinginan untuk memeberikan pendidikan anak hingga tingkat perguruan tinggi menjadi terhambat.

loading...
Loading...
Tips mempersiapkan biaya kuliah untuk anak | akbar | 4.5