Loading...

Tips Memperbaiki Hubungan yang Retak antara Ayah dan Anak Laki-laki

Apakah anda pernah menonton fim berjudul ‘Big Fish’ yang dibintangi oleh Ewan McGregor atau ‘Warrior’ Tom Hardy? Kedua film ini sama-sama memiliki kesamaan cerita meskipun berbeda genre, yaitu tentang hubungan keluarga yang rusak antara ayah dan anak laki-lakinya. Dalam realita kehidupan nyata terkadang hubungan dua orang berjenis kelamin sama di dalam keluarga ini akan semakin renggang seiring dengan bertumbuh dewasanya sang anak. Tak jarang ketika si anak beranjak dewasa ia akan memiliki hubungan yang buruk dengan ayahnya. Bagi anda yang saat ini memiliki anak laki-laki atau memiliki hubungan yang sudah retak dengan ayah anda, tak ada salahnya membaca beberapa tips yang bisa membantu anda untuk memulihkan hubungan keluarga yang retak.

1. Komunikasi

Satu hal yang penting dalam sebuah hubungan keluarga adalah sebuah komunikasi. Saat sedang makan atau sedang berkumpul di ruang keluarga ada baiknya beberapa anggota keluarga saling menanyakan kegiatan masing-masing. Apakah ada masalah di hari itu atau ada sesuatu yang ingin diceritakan. Tak perlu pembicaraan serius, membicarakan topik terkini yang sedang terjadi juga akan membuat komunikasi antar keluarga menjadi semakin intens. Mulailah pembicaraan dengan topik yang ringan karena komunikasi bertujuan untuk saling mendekatkan anggota keluarga.

2. Keterbukaan

Si anak sudah mulai dewasa dan sedang ingin mencari jati diri, sedangkan ayah ingin melindungi sang anak dengan memberitahu jalan apa yang harus dilalui. Terkadang kedua hal ini akan saling berseberangan baik dari sisi anak maupun orangtua. Karena itu keterbukaan menjadi poin penting untuk saling berkompromi dan memahami. Bagi anak, tak perlu ragu atau gengsi untuk membicarakan sesuatu yang diinginkannya. Dan para ayah sebaiknya jangan terlalu mengekang atau membatasi keinginan anak. Carilah solusi untuk menemukan jalan terbaik dalam setiap permasalahan yang sedang dibicarakan.

3. Rekonsiliasi

Oke, katakanlah hubungan anda sebagai anak sudah retak dengan ayah kalian. Satu hal yang harus dilakukan adalah rekonsiliasi atau perbaikan hubungan. Masih teringat sebuah adegan di film ‘Warrior’ dimana sang ayah kembali mabuk karena tidak bisa menghadapi anaknya. Di tengah rasa pedihnya sebagai orangtua ia mengatakan sesuatu yang ingin didengar si anak, yaitu “aku menyayangimu…” Tak perlu kata-kata bijak yang seperti ingin mengajari, cukup dengan kalimat dan ungkapan sayang maka hubungan yang retakpun bisa menyatu kembali.

Itulah beberapa tips dalam memperbaiki hubungan keluarga antara ayah dan anak laki-laki. Ingatlah seburuk apapun ayah kita ia tetaplah orangtua kita. Dan sebengal apapun anak laki-laki kita ia tetaplah anak, karena dunia ini tak pernah mengenal istilah ‘mantan’ anak.

loading...
Loading...
Tips Memperbaiki Hubungan yang Retak antara Ayah dan Anak Laki-laki | akbar | 4.5