Loading...

Tips memilih pendidikan informal untuk anak

Pendidikan anak bukan hanya bisa didapatkan di bangku sekolah saja. Pendidikan informal seperti kursus atau pelatihan bisa anda coba untuk mengembangkan level kompetensi dan kemampuan anak anda. Selain itu dengan pendidikan informal, kemampuan dan bakat juga menjadi terasah serta memberi pelajaran tambahan untuk pendidikan formal d sekolahnya.

Untuk memilih pendidikan informal yang tepat, tentunya tidak bisa dilakukan dengan sembarangan karena akan berdampak pada perkembangan anak tersebut baik secara kompetensi maupun psikologi. Ada baiknya anda memperhatikan beberapa tips berikut agar pendidikan informal yang anda pilih bersama buah hati akan memberikan hasil positif.

Bakat, minat & kesukaan

Cari tahu apa bakat, minat atau kesukaan anak anda. Jika ia memang berbakat di bidang musik, les piano bisa anda berikan padanya. Jika ia memiliki potensi di bidang tarik suara, les vokal sangat cocok untuknya. Pun demikian bila ia memiliki kesukaan pada bebagai jenis tari, bawalah ia ke sanggar atau kursus dance untuk melatih kemampuannya dengan lebih baik lagi.

Linguistik

Dewasa ini kemampuan linguistik seseorang harus semakin ditingkatkan agar dapat bersaing saat terjun ke masyarakat. Tentu saja hal ini harus dilakukan sejak dini agar kemampuan bahasanya menjadi lebih baik. Mempelajari bahasa asing di sekolah saja tidaklah cukup, ikut sertakan ia ke dalam kursus diluar jam sekolah demi mendalami bahasa asing yang sudah mendunia saat ini seperti bahasa inggris atau mandarin.

Workshop

Saat ia mulai dewasa, biasanya akan ada kursus atau pelatihan workshop untuk mendalami suatu bidang tertentu. Bidang-bidang tersebut biasanya berkaitan dengan suatu pekerjaan atau profesi seperti kursus memasak, salon, teknik komputer dan web, membongkar mesin dan lain sebagainya. Tentu saja anda harus memperhatikan poin pertama mengenai bakat dan kesukaannya, apakah ia menyukai suatu bidang profesi tertetu dan ingin mendalaminya?

Pendidikan informal harus diberikan sejak ia masih kecil hingga beranjak dewasa. Sebagai orangtua, tuntunan wajib diberikan agar kelak ia menjadi berguna bagi masyarakat melalui bakat dan kemampuannya.

loading...
Loading...
Tips memilih pendidikan informal untuk anak | akbar | 4.5