Loading...

Tips memberi uang jajan kepada anak

Uang jajan adalah sumber pendapatan anak-anak yang masih bersekolah atau kuliah. Jumlah uang jajanpun harus disesuaikan dengan faktor kebutuhan, keperluan sampai dengan usianya. Bagi anda yang memiliki anak yang masih kecil atau sudah beranjak dewasa tentu diperlukan pertimbangan untuk memberikan uang jajan dalam jumlah yang tepat. Baik diberikan secara harian, mingguan atau bulanan, anda harus memastikan terlebih dahulu setiap keperluannya. Jangan sampai uang yang anda diberikan malah disalahgunakan.

Simaklah beberapa tips dalam memberi uang jajan kepada buah hati sebagai berikut:

  • Jika usia anak anda masih berada di kisaran 6-10 tahun, pemberian uang jajan sebenarnya sangat tidak tepat karena mungkin ia hanya akan menggunakannya untuk membeli makanan atau cemilan yang kurang sehat. Berikan uang secukupnya untuk keperluan sekolah seperti membeli alat-alat tulis, serta buatkan bekal makanan yang lebih sehat.
  • Anak yang sudah duduk di bangku SMP atau SD tingkat akhir mungkin harus diberi sedikit kepercayaan untuk mengelola keuangannya sendiri. Biasanya ia akan sedikit lebih bebas dalam mengkonsumsi makanan diluar atau membeli kebutuhan lainnya. Jangan lupa untuk tetap memberikan edukasi menggunakan uang seperlunya saja dan jangan membeli makanan yang kurang sehat.
  • Biasanya anak yang sudah berusia remaja antara 15-18 tahun sudah diberi kepercayaan membawa kendaraan sendiri(tentunya ia juga sudah harus memiliki SIM). Berikan uang jajan untuk keperluannya di sekolah seperti makan, membuat tugas seperti makalah, fotokopi, dan lain sebagainya. Berikan juga anggaran untuk transportasi jika ia mengendarai kendaraan umum atau kendaraan pribadi untuk pergi ke sekolah.
  • Inilah fase dimana anda mulai bisa mengajarkannya untuk menggunakan uang dengan sebaik-baiknya. Anak yang sudah berkuliah biasanya akan lebih aware dalam mengelola keuangannya. Terlebih lagi jika ia tingggal diluar kota demi menuntut ilmu. Selain itu sudah banyak mahasiswa yang mulai bisa mencari penghasilan tambahan sendiri. Tentunya sifat mandiri akan tertanam sehingga ia akan lebih menghargai uang.

Dengan memberikan edukasi finansial kepada anak, ia juga akan semakin bijak dalam mengelolanya. Diskusikan berapa besar kebutuhan sehingga anda dan buah hati dapat memutuskan berapa jumlah yang tepat untuk uang jajannya.

loading...
Loading...
Tips memberi uang jajan kepada anak | akbar | 4.5