Loading...

Tips Ibu Hamil: Panduan dan Tips Aman Naik Sepeda Motor untuk Ibu Hamil

Menjaga kesehatan ibu hamil tidak hanya berdampak bagi kesehatan si ibu, namun ini juga terkait masalah kesehatan bayi yang sedang dikandungnya. Salah satu hal yang harus ibu hamil perhatikan adalah saat ingin mengendarai sepeda motor, sebaiknya baiknya ibu hamil mengikuti saran ini.

Berikut ini adalah panduan dari dr. Fakriantini Jaya Putri, SpOG Dari RS. Puri Cinere, Limo, Sawangan seperti yang dikutip dari Mom & Kiddie yang dilansir Okezone.

1. Gunakan Pengaman
Ini sebenarnya tidak hanya berlaku bagi ibu hamil saja, karena menggunakan helm juga wajib demi keamanan pengendara sepeda motor, siapapun orangnya. Pada saat dalam kondisi mengandung ini, coba lengkapi juga diri ibu hamil dengan jaket, untuk melindungi diri ibu hamil dari terpaan angin dan sengatan sinar matahari.

2. Posisi Duduk
Bila kondisi perut ibu hamil sudah sangat besar dan merasa kesulitan duduk menghadap depan, sebaiknya ibu hamil duduk menyamping meski risikonya menjadi tidak seimbang. Namun dengan duduk menyamping, ini akan membuat perut ibu hamil lebih aman dari benturan jika terjadi rem mendadak.

3. Tidak Perlu Mengebut
Ini bukan waktunya ibu hamil membuktikan kemahiran dalam mengendarai motor. Karena menjaga keselamatan ibu hamil dan si kecil tetap nomor satu bukan? Jalankan sepeda motor ibu hamil dengan kecepatan normal ke lambat dan pilihlah jalanan yang tidak terlalu banyak berlubang. Jika memungkinan, pilih mengendarai motor pada jam-jam yang tidak terlalu ramai.

4. Istirahat dan Ganti Kendaraan
Jika ibu hamil merasa ada keluhan, ibu hamil bisa istirahat, atau ganti memakai kendaraan lain. Apalagi jika merasakan kontraksi dengan frekuensi sering, maka ibu hamil bisa segera berkonsultasi kepada dokter kandungan.

loading...
Loading...
Tips Ibu Hamil: Panduan dan Tips Aman Naik Sepeda Motor untuk Ibu Hamil | lawas | 4.5