Loading...

Tips cara untuk menjaga kesehatan paru-paru

Paru-paru adalah salah satu organ vital bagi tubuh manusia yang perlu dijaga kesehatannya. Organ ini berfungsi sebagai alat bantu pernafasan dengan menghirup oksigen dan membuang karbondioksida. Meski termasuk organ dalam, paru-paru berhubungan langsung dengan udara luar, termasuk berbagai zat berbahaya yang terkandung di dalam udara yang masuk kedalamnya.

Oleh karena itu, sebisa mungkin kita harus menjaga kesehatan paru-paru agar kondisinya tetap fit dan bugar. Berikut cara-caranya:

Hindari asap rokok
Zat berbahaya dalam asap rokok sebaiknya dicegah untuk masuk ke paru-paru. Karena itu, sebaiknya Anda menghindari merokok atau menghirup asap rokok demi menjaga kesehatan diri sendiri dan orang sekitar.

Makanan sehat
Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, termasuk seluruh organ dalam seperti paru-paru, konsumsilah makanan sehat dan bergizi. Dengan tubuh yang sehat, maka penyakit juga tak mudah menyerang dan bertahan di dalamnya.

Olahraga
Lakukanlah olahraga di udara bersih sehingga melatih fungsi paru menjadi lebih kuat dan sehat. Selain itu, udara bersih yang masuk dalam paru-paru juga dapat membuang kotoran atau kuman yang bersarang di dalamnya.

Gunakan masker
Bagi Anda yang bermukim di kota besar dengan lalu lintas yang padat dan macet serta banyak polusi, memakai masker sangat disarankan. Masker dapat mengurangi partikel-partikel debu dan udara kotor yang masuk ke paru-paru.

Istirahat
Agar paru-paru tetap sehat, jangan lupa untuk istirahat cukup. Saat tidur, maka kerja paru-paru dapat lebih tenang dan ringan sehingga turut membantu meringankan organ lainnya.

Jaga kebersihan
Kebersihan adalah pangkal dari kesehatan, termasuk kesehatan organ dalam. Bakteri serta kuman dan kotoran lain yang ada di diri dan lingkungan sekitar dapat mempengaruhi kesehatan tubuh baik luar dan dalam sehingga menjaga kebersihan diri sangat disarankan.

loading...
Loading...
Tips cara untuk menjaga kesehatan paru-paru | akbar | 4.5