Loading...

Tips Cara Sehat Menggoreng Makanan dengan Minyak Goreng Bekas

Cara Sehat Menggoreng dengan Minyak Goreng BekasSeringkali kita merasa sayang bila harus membuang sisa minyak goreng yang ada di penggorengan. Karena itu, akhirnya sisa minyak goreng tersebut pun kembali kita simpan agar nanti bisa digunakan kembali, apalagi harga minyak goreng menjelang bulan Ramadhan seperti sekarang mahal.

Namun tahukah anda, penggunaan minyak goreng yang berulang-ulang akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan? Salah satunya adalah menggunakan minyak goreng berulang kali bisa menyebabkan penyakit kolesterol tinggi.

Walau demikian, anda tidak perlu khawatir bila memang ingin menggunakan kembali minyak goreng yang sudah pernah dipakai tersebut. Pasalnya, sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky, ada beberapa cara pintar yang bisa dilakukan bila ingin memakai kembali minyak bekas menggoreng. Berikut beberapa tipsnya:

1. Menyaring
Untuk bisa memakai kembali minyak goreng tersebut, usahakan untuk selalu menyaring sisa-sisa makanan yang di dalamnya. Untuk menyaringnya, anda bisa memakai kertas atau saringan halus.

2. Gunakan wadah tertutup
Saat menyimpan minyak goreng yang sudah pernah dipakai, gunakanlah wadah kedap udara. Karena dengan menggunakan wadah kedap udara atau botol, ini bisa mencegah penyebaran bakteri dalam minyak.

3. Ketahui titik asap
Cara yang terbaik adalah dengan mengetahui titik asap ketika anda sedang memasaknya. Letakkan termometer ke dekat minyak, perhatikan sampai suhunya mulai naik. Jangan sampai melebihi titik asap saat menggoreng.

4. Jangan terlalu panas
Usahakan saat menggoreng minyak tidak terlalu panas. Tujuan dari cara ini adalah agar minyak tidak kehilangan kandungan zat sehatnya.

5. Berapa kali pemakaian
Idealnya, anda tidak boleh menggunakan kembali minyak goreng yang sudah pernah dipakai walau hanya sekali. Pasalnya, minyak goreng bekas bisa meningkatkan kolesterol juga meningkatkan risiko kanker.

6. Periksa kembali
Sebelum anda menggunakan minyak goreng yang sudah pernah dipakai, periksa dulu warna dan bau minyak. Jangan pernah memakai minyak goreng yang sudah berubah warna menjadi hitam dan berbau busuk.

loading...
Loading...
usahakan selalu menyaring minya

Tips Cara Sehat Menggoreng Makanan dengan Minyak Goreng Bekas | chsa | 4.5