Loading...

Tips cara merawat kendaraan roda 2

Kendaraan roda dua seperti motor biasanya menjadi kendaraan alternatif yang pas untuk menerobos kemacetan. Beragam jenis motor seperti motor matic, motor gede atau motor bebek manual biasanya menjadi pilihan bagi para rider dalam berkendara di tengah kota. Perawatan motor juga sangat diperlukan sesuai prosedur safety riding agar kita semakin nyaman ketika mengendarainya.

Berikut adalah tips-tips dalam merawat dan memaintenance kendaraan roda dua sehingga semakin aman dan nyaman ketika digunakan.

1. Servis rutin

Perawatan berkala seperti servis akan membuat mesin motor tetap bandel dan bisa terus digunakan dalam jangka waktu lama. Sesuaikan jangka waktu servis dengan pemakaian, jika anda sering menggunakan motor setiap hari atau anda memang pekerja lapangan yang menggunakan kendaraan roda dua dalam beraktifitas usahakanlah untuk menyervisnya minimal sebulan sekali. Namun jika anda jarang menggunakan motor, servis berkala 3 bulan sekali bisa menjadi pilihan. Pilihlah bengkel terpercaya untuk menservis motor anda.

2. Cuci motor

Membersihkan motor secara rutin seperti ketika habis kehujanan atau saat motor sudah benar-benar kotor akan membantu perawatan kendaraan roda dua anda. Partikel debu dan kotoran yang menempel atau bahkan mengeras di body motor bisa merusak performanya ketika dikendarai. Selain itu kotoran juga bisa mengikis bagian-bagian penting dari motor seperti kampas rem atau roda yang semakin licin. Cucilah motor secara berkala untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada kuda besi anda.

3. Modifikasi yang benar

Banyak orang keliru dalam memodifikasi kendaraan roda dua mereka. Ban yang mengecil sampai mencopot kaca spion tentu sangat berbahaya dan tidak mengikuti prosedur safety riding yang benar. Selain itu mengganti lampu depan dengan warna putih menyilaukan atau lampu rem yang dicopot mika merahnya sangat berbahaya bagi pengendara lain di jalan raya. Modifikasilah motor anda dengan benar seperti tameng pelindung tangan pada tuas rem atau ban tubeless dengan velg yang lebih kokoh, sehingga keamanan dan kenyamanan dalam berkendara lebih terjaga.

Kendaraan yang nyaman bukan hanya kita rasakan sendiri namun juga bisa dirasakan oleh pengendara lainnya. Rawatlah motor anda secara rutin dengan benar sehingga tunggangan anda akan semakin mantap ketika dikendarai.

loading...
Loading...
Tips cara merawat kendaraan roda 2 | akbar | 4.5