Loading...

Tips cara menjaga kesehatan tulang belakang

Tulang belakang atau tulang punggung terhubung langsung dengan otak kita karena syaraf-syaraf yang terdapat didalamnya akan menjaga keseimbangan tubuh dalam bergerak dan beraktivitas. Namun kesehatan tulang belakang ini kurang begitu disadari oleh masyarakat padahal memiliki pengaruh besar bagi tubuh. Rasa ngilu atau nyeri sendi biasa dialami jika kita salah bergerak dan tulang belakanglah yang akan terkena dampaknya secara langsung. Jika dibiarkan terus menerus, kepadatan tulang akan semakin berkurang dan menyebabkan osteoporosis. Untuk mencegahnya, ada baiknya anda mengikuti tips-tips berikut yang bisa membantu dalam menjaga kesehatan dan kepadatan tulang belakang.

1. Duduk

Perhatikanlah posisi duduk anda seperti saat bekerja misalnya. Berjam-jam duduk di depan komputer tentu akan membuat badan menjadi kaku apalgi jika cara duduknya salah. Cara yang benar adalah badan tegak dengan siku tangan ke depan dan pandangan lurus, sesekali berdirilah dan gerakan tubuh anda atau ubah posisi duduk. Saat menyetirpun anda juga harus duduk rileks dan santai di bangku kemudi dan usahakan kaki anda berada di posisi yang tepat untuk menginjak pedal, tidak kepanjangan ataupun kependekan.

2. Jalan

Pada saat berjalan pastikan tubuh anda tegak dan tidak membungkuk, pandangan lurus ke depan dan ujung kaki mengarah ke depan juga.Usahakan untuk mengenakan alas kaki dengan sol yang lembut untuk menjaga keseimbangan tubuh. Berjalanlah dengan tegap dan mantap karena berjalan lesu dan membungkuk selain tidak sedap dipandang juga dapat mengganggu kesehatan tulang belakang. Saat berdiri, sesekali ubahlah posisi kaki agar badan tidak terasa kaku.

3. Tidur

Tidur di alas yang agak keras dan rata tentu sangat baik untuk tulang belakang, karena alas yang terlalu empuk justru akan membuat tulang belakang menjadi melengkung. Selain itu, pastikan posisi leher dan kepala tidak terlalu tinggi dari tubuh. Hindari tidur dengan posisi telungkup karena ini hanya akan membebani tulang belakang.

Kepadatan tulang belakang yang tetap sehat dan terjaga akan berpengaruh pada tubuh kita. Selain dengan posisi tubuh yang tepat, kesehatan tulang belakang juga bisa tetap terjaga dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium, zat besi dan zat lainnya yang juga ikut membantu memadatkan tulang punggung. Berbagai penyakitpun juga bisa dihindari jika tulang belakang lebih sehat, tentunya mecegah lebh baik daripada mengobati.

loading...
Loading...
dp bbm wanita bukan tulang punggung, kata kata tulang punggung keluarga, dp bbm tulang punggung keluarga, dp bbm tulang punggung, cara ganti lampu belakang gl max

Tips cara menjaga kesehatan tulang belakang | akbar | 4.5