Loading...

Tips cara menghindari pelecehan seksual saat berkencan

Pelecehan seksual bisa terjadi kepada siapa saja, di mana saja, dan kapan saja, tak terkecuali saat berkencan. Bukan tak mungkin pria yang baru Anda kenal dan sedang melakukan pendekatan berniat melakukan pelecehan seksual kepada Anda. Bentuknya pun bisa bermacam-macam, baik secara verbal, fisik, bahkan pemerkosaan.

Berhati-hati dan waspada dalam memilih teman saja tak cukup. Memiliki mekanisme pertahanan diri yang bisa diterapkan saat kemungkinan terburuk terjadi amat diperlukan. Berikut ini kami sajikan 7 tips agar Anda terhindar dari pelecehan seksual saat berkencan.

1. Hati-hati dengan jejaring sosial
Sudah banyak berita kasus pemerkosaan yang berawal dari perkenalan di jejaring sosial. Meskipun jejaring sosial adalah salah satu cara untuk memperluas pergaulan, cobalah untuk tetap harus berhati-hati. Jangan lupa, Anda tidak tahu seperti apa sebenarnya perilaku teman baru Anda dalam kehidupan sehari-hari dan juga lingkup pergaulannya.

2. Bawalah teman
Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan sekedar berjaga-jaga, bawalah teman saat Anda hendak menemuinya untuk pertama kali. Jika Anda sudah yakin teman baru ini tidak ‘berbahaya’, baru Anda boleh menemuinya sendiri.

3. Selalu waspada
Jangan lengah. Selalu perhatikan sekeliling Anda. Perhatikan apakah teman baru Anda melakukan hal-hal yang tidak wajar tanpa sepengetahuan Anda. Misalnya menuangkan obat tidur ke minuman sehingga membuat Anda tidak sadarkan diri.

4. Hindari tempat sepi dan terisolasi
Pilihlah tempat kencan yang ramai. Jangan mau dibawa ke tempat sepi atau yang membuat Anda merasa terisolasi. Bila perlu, cari lokasi yang memungkinkan Anda untuk segera melarikan diri.

5. Dengarkan naluri
Saat tindakannya mulai membuat Anda merasa tidak nyaman, seperti memegang paha atau duduk terlalu dekat, jangan abaikan naluri Anda. Insting akan memeberikan tanda bahaya ketika Anda menentukan batasan privasi dan dia melanggarnya.

6. Jangan takut berkata tidak
Jangan ragu bersikap kasar saat menghadapi situasi seperti ini. Penolakan secara halus seringkali diartikan sebagai sikap malu-malu atau kelemahan. Cara efektif untuk menghentikannya adalah menolak dengan tegas, seperti suara bernada tinggi atau menepiskan tangannya.

7. Segera pergi
Setelah menolak ‘pendekatan’ si pria, Anda harus segera pergi dan meninggalkan tempat saat itu juga selagi dia masih terkejut dengan sikap Anda. Jangan biarkan dia mendapat kesempatan untuk melanjutkan aksinya. Hal ini juga meminimalisir kemungkinan si dia melakukan tindak kekerasan.

loading...
Loading...
Tips cara menghindari pelecehan seksual saat berkencan | akbar | 4.5