Loading...

Tips cara menghilangkan bekas luka secara alami

Jika kita mengalami luka seperti lecet atau memar, terkadang bekas lukanya masih tetap terlihat meski sudah sembuh. Bekas luka, khususnya di permukaan kulit, kadang menyebabkan seseorang menjadi minder. Apalagi jika bekas luka itu terdapat di bagian wajah dan tempat terbuka lainnya yang mudah terlihat oleh orang lain. Berbagai usaha pun dilakukan untuk menghilangkan bekas luka tersebut, atau paling tidak menyamarkannya.

Bekas luka dibagi menjadi tiga, yaitu keloidal (warna gelap dan menonjol), hipertrofik (berwarna gelap, menimbulkan gatal, namun dapat hilang sendiri) dan atrofi (cekung, misal strech mark dan bekas cacar). Untuk menghilangkan bekas luka tersebut dengan cara yang lebih alami, maka cobalah tips berikut ini:

1. Minyak lavender
Minyak yang berasal dari tanaman lavender ini bermanfaat untuk menyamarkan luka. Caranya, oleskan pada kulit yang berbekas sambil diurut pelan-pelan. Diperlukan sedikit kesabaran karena cara ini membutuhkan waktu lama untuk menghilangkan bekas luka.

2. Ekstrak biji anggur
Tanaman ini kaya antioksidan dan bermanfaat memperbaiki jaringan sel kulit. Oleskan secara teratur pada bagian bekas luka dan dipijat-pijat. Ulangi beberapa kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Minyak zaitun
Minyak zaitun juga baik bagi kulit dengan bekas luka. Caranya pun cukup mudah dilakukan, yakni dioleskan secara teratur beberapa kali sehari sambil dipijat. Minyak ini juga baik digunakan untuk perawatan kulit agar terlihat sehat dan bercahaya.

4. Madu asli
Madu asli, terutama yang organik, mempunyai khasiat yang tinggi untuk perbaikan jaringan sel kulit yang rusak. Oleskan pada bagain bekas luka lalu diamkan selama beberapa lama. Lakukan secara teratur setiap hari agar bekas luka dapat segera menghilang.

Loading...
Tips cara menghilangkan bekas luka secara alami | akbar | 4.5