Loading...

Tips cara mengatasi rasa ngantuk saat bangun pagi

Rutinitas harian yang menjenuhkan dan melelahkan terkadang membuat banyak orang mengalami stres dan merasa malas untuk bangun pagi karena masih mengantuk. Tentunya hal ini dapat mengurangi produktivitas dan memicu turunnya suasana hati saat bekerja.

Rasa ngantuk saat bangun pagi sebenarnya bisa diatasi. Agar hari terasa lebih segar dan bersemangat dalam menjalani aktivitas, lakukanlah hal-hal berikut ini.

1. Berjemur
Sinar matahari pagi dapat membantu membuat tubuh terasa lebih segar. Cobalah untuk berjemur di bawah paparan sinar matahari pada pukul 6-9 pagi agar aliran darah lebih lancar untuk mendukung aktivitas dan membuat pikiran lebih berkonsentrasi.

2. Olahraga
Sirkulasi darah cenderung kurang lancar saat kita tertidur, berolahraga tentu akan menjadi solusi jitu untuk mengatasinya. Selain membantu memperlancar sirkulasi darah, olahraga ringan yang dilakukan saat pagi tentu dapat membuat tubuh lebih segar.

3. Pijatan
Memijit bagian pelipis kepala dapat membantu mata agar lebih cepat terjaga. Selain itu, ada beberapa titik yang turut membantu mata lebih segar seperti di puncak kepala, sela telunjuk dan jempol, di bawah tempurung lutut bagian kanan, di bawah mata kaki dan pangkal leher.

4. Air dingin
Aktivitas tidur di malam hari membuat tubuh kehilangan cairan yang harus segera dipenuhi saat bangun pagi. Karena itu, minumlah segelas air dingin yang juga efektif untuk mengusir rasa kantuk. Cara lain adalah dengan menggosokkan es batu yang dibungkus handuk pada lengan, tangan dan kaki.

5. Sarapan
Saat bangun pagi, usahakan untuk mengkonsumsi makanan dengan gizi yang lebih sehat sebagai menu sarapan. Sarapan sehat dapat mengusir rasa kantuk dan mengontrol konsentrasi hingga waktu makan siang.

loading...
Loading...
Tips cara mengatasi rasa ngantuk saat bangun pagi | akbar | 4.5