Loading...

Tips & Cara Mengatasi Gejala Insomnia

Insomnia pada dasarnya bukanlah penyakit namun gejala. Gejala insomnia ini disebabkan faktor fisik, psikis dan kebiasaan dan ditandai dengan mata yang sulit terpejam pada malam hari, bangun beberapa kali ketika tidur dan bahkan bangun terlalu cepat dari seharusnya.

Gangguan tidur bernama insomnia ini memiliki pengaruh terhadap kesehatan tubuh kita. Beberapa penyakit yang diakibatkan oleh gejala insomnia adalah seperti stres, kehilangan kemampuan konsentrasi bahkan serangan jantung. Oleh karena itu, bagi yang mengalami gejala insomnia sebaiknya memikirkan tips dan cara praktis untuk mengatasinya.

1. Jangan Tidur di Siang Hari

Cara dan tips pertama yang bisa dilakukan oleh penderita insomnia adalah dengan mengurangi jam tidur siang mereka bahkan sama sekali tidak perlu untuk tidur siang. Penelitian mengatakan bahwa tidur siang selama 45 menit dapat meningkatkan fungsi memori, menurunkan tekanan darah dan meredakan stres, namun bagi yang mengalami gangguan tidur insomnia sebaiknya sama sekali jangan tidur siang. Bagaimana caranya?

2. Matikan Lampu Ketika Akan Tidur

Retina mata memiliki sel-sel yang peka terhadap cahaya, fungsinya adalah menangkap cahaya yang ada yang mengirimkannya ke otak agar diproses untuk menentukan apakah hari ini masih siang atau hari sudah malam. Oleh karena itu, sebaiknya matikan lampu kamar agar sel-sel yang peka terhadap cahaya yang ada pada retina tidak mengirimkan sinyal ke otak dan berpikir bahwa hari masih terang / siang.

3. Tempatkan Bantal di Antara Kaki

Tidur tidak nyaman karena setelah bangun ternyata punggung mengalami sakit dan ini menyebabkan ketidaknyaman tidur sehingga mengakibatkan insomnia. Nah untuk mengatasinya, letakkan bantal di kepala dan di antara kedua lutut. Selain itu, kita juga dapat menambahkan gulungan handuk di bawah pinggang. Dengan cara seperti ini diharapkan tubuh akan merasa nyaman untuk tidur dan bahkan dapat menjaga kontur normal tulang dan meredekan ketegangan pada tulang belakang.

4. Menggunakan Bantal yang Tepat untuk Tidur

Bantal yang tepat dan sesuai dengan bentuk kepala dan tubuh akan membantu tidur menjadi nyaman dan terbebas dari gangguan tidur karena rileks dan membuat tubuh segar ketika bangun pagi.

5. Rajin Olahraga

Olahraga secara teratur menjadi cara praktis untuk mengatasi gejala insomnia. Olahraga atau latihan fisik secara teratur dapat membantu tidur lebih nyenyak pada malam hari dan pada siang hari badan tetap bugar. Latihan fisik atau olahraga membakar kalori pada siang hari dan ini memberikan isyarat pada malam hari agar beristirahat dengan kantuk. Olahraga yang dianjurkan bagi penderita insomnia adalah seperti Tai Chi dan Yoga.

6. Hindari Merokok

Nikotin pada rokok dapat menyebabkan obstruktive sleep apnea atau penyumbatan saluran pernapasan sehingga perokok sulit tidur. Salah satu tandanya adalah dengan mendengkur dan bangun terengah-engah, jika hal ini tidak ditangani maka akan menyebabkan gagal jantung dan kematian dini.

loading...
Loading...
Tips & Cara Mengatasi Gejala Insomnia | akbar | 4.5