Loading...

Tips Cara Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Berhenti Merokok Bisa Jadi Cara untuk Mencegah Penyakit KardiovaskularPenyakit kardiovaskular adalah penyakit terkait gangguan pada jantung dan pembuluh darah (penyakit jantung, gagal jantung, dan stroke). Penyakit kardiovaskular termasuk penyakit yang berbahaya.

Namun demikian, sama seperti pada jenis penyakit lainnya, penyakit kardiovaskular juga bisa dilakukan pencegahan. Seperti yang dikutip dari laman Healthmeup, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit kardiovaskular.

1. Konsumsi Serat
Salah satu cara terbaik untuk mencegah penyakit kardiovaskular adalah dengan meningkatkan asupan serat dalam tubuh. Hal ini karena serat bisa menjadi pengikat racun, kolesterol, garam di empedu dalam tubuh, dan membantu menyingkirkannya.

2. Mengurangi Berat Badan
Menurunkan berat badan adalah hal terbaik untuk menjalani pola hidup sehat yang akan membantu menurunkan kadar kolesterol. Lakukan langkah sederhana untuk memenuhi tujuan tersebut misalnya dengan berjalan-jalan saat Anda bosan ketimbang mengunyah makanan, kemudian makan wortel sambil menonton film atau mengambil jalan tangga bukan menggunakan elevator. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan cara-cara inovatif lainnya, seperti memasukkan lebih banyak aktivitas dalam rutinitas harian Anda.

3. Olahraga
Untuk membantu meningkatkan “kolesterol baik” serta membantu menurunkan berat badan, lakukan olahraga selama 30 menit setiap hari.

4. Mengonsumsi Makanan Kaya HDL
Anda bisa mengonsumsi makanan sumber HDL seperti kacang almond, minyak canola, kacang mete, hazelnut, minyak zaitun, selai kacang, kenari, minyak jagung, minyak kacang, minyak bunga matahari, alpukat, kacang kedelai dan minyak kacang kedelai, ikan tuna dan biji labu, yang mereka semua itu merupakan sumber yang baik MUFA dan PUFA. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi unggas tanpa kulit dan ikan juga rendah kolesterol sereal, buah segar, dan sayuran tak mengandung kolesterol.

5. Hindari Minum Alkohol dan Merokok
Terlalu banyak minum alkohol bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius, termasuk juga diantaranya adalah tekanan darah tinggi, gagal jantung, dan stroke. Menghindari merokok juga bisa membantu meningkatkan kolesterol baik, juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi, yang selanjutnya akan mengurangi risiko berbagai penyakit jantung.

loading...
Loading...
Tips Cara Mencegah Penyakit Kardiovaskular | chsa | 4.5