Loading...

Tips Cara Mencari Pembantu dan Baby Sitter yang Aman dan Benar

Saat puasa hingga setelah lebaran beberapa hari, banyak pembantu rumah rangga ataupun baby sitter yang minta cuti untuk mudik pulang ke kampung halaman masing-masing. Ini tentunya akan sangat membuat kita repot. Tapi kita tidak perlu khawatir, karena sekarang ini banyak penyedia jasa pembantu dan baby sitter pengganti dengan jangka waktu atau masa kerja pendek sesuai dengan yang kita butuh.

Mencari pembantu rumah tangga atau baby sitter yang baik itu gampang-gampang susah. Jangan sampai anda hanya asal comot saja, dan hasilnya anda menyesal. Berikut ini beberapa tips cara mencari pembantu rumah tangga dan baby sitter pengganti selama lebaran.

1. Gunakan biro jasa penyalur pembantu

Biasanya ada banyak biro jasa penyalur pembantu atau baby sitter yang memasang iklan di koran, majalah, poster, pamflet dan sebagainya. Tujuannya adalah adalah bila nanti dikemudian hari ada masalah kita bisa melakukan komplain atau ganti rugi.

2. Gunakan informasi dari pembantu tetangga atau kenalan

Mintalah rekomendasi orang yang baik-baik dan sudah berpengalaman terbaik menurut si pembantu yang kita tanya. Jangan lupa memberi tips (uang) sewajarnya kepada pemberi rekomendasi setelah kita mendapat pembantu. Kalau tempat tinggal pembantu yang kita tanya tidak jauh dari tempat tinggal kita maka kita bisa memilih pembantu yang menetap/menginap di rumah kita atau yang pulang setengah hari seperti orang kantoran.

3. Melalui teman, saudara atau kenalan

Kalau kita atau pasangan punya kampung halaman, kita bisa coba cari dari warga atau saudara di sekita kampung, siapa tahu ada yang mau menjadi pembantu. Atau bisa juga kita menanyakan ke teman atau saudara untuk memberikan rekomendasi pembantu yang mereka tahu. Pembantu yang dikenal baik oleh teman dan saudara kita biasanya membuat kita tenang dan tidak khawatir pembantu kita berbuat tindak kriminalitas.

Beberapa tips lainnya yang juga perlu anda tahu adalah seperti:

  • Pelajari dulu gaji standar pembantu di sekitar rumah kita.
  • Jika kerja pembantu baik sebaiknya naikkan gaji sepantasnya agar dia betah bekerja dengan kita.
  • Berikan perilaku yang ramah dan kekeluargaan agar pembantu betah dan kerasan.
  • Pecat pembantu jika sudah sulit diatur, sering membuat keributan, terlalu sering pacaran, sering bolos, mengatur-atur, menggoda anggota keluarga kita, sering bohong, dll dengan memberi pesangon secukupnya.
  • Jangan terlalu memforsir kerja pembantu karena mereka juga manusia.

Semoga informasi tips dan cara mencari pembantu rumah tangga atau baby sitter diatas dapat bermanfaat.

loading...
Loading...
Tips Cara Mencari Pembantu dan Baby Sitter yang Aman dan Benar | lawas | 4.5