Loading...

Tips Cara Memasak Mi Instan yang Sehat

cara makan mi instan sehatMakan mi instan memang selalu terasa nikmat, tidak perduli siang atau malam. Kemudahan dalam pengolahannya juga menjadi salah satu alasan banyak orang memilih mi instan sebagai solusi pengganjal perut di saat kelaparan.

Namun dibalik lezatnya rasa mi instan, ada bahaya yang mengancam bila mi instan terlalu sering dikonsumsi. Beberapa akibat bila terlalu sering makan mi instan adalah bisa meningkatkan resiko timbulnya penyakit kanker, ginjal dan usus buntu. Pada sejumlah kasus, bahkan mengonsumsi mie instan secara berlebihan juga bisa menyebabkan kegemukan atau obesitas.

Cara Sehat Makan Mi Instan

Selain dengan mengurangi intensitas mengonsumsi mi instan, cara mengolah mi instan yang benar juga bisa meminimalisir efek buruk dari mi instan. Berikut ini adalah cara memasak mi instan yang sehat yang bisa anda lakukan di rumah:

Bila anda ingin masak mi instan kuah, maka setelah merebus dan mi matang, buanglah air bekas rebusan mi. Selanjutnya gunakan air mendidih yang baru sebagai kuah mi. Tujuannya adalah untuk menghilangkan lilin dari mi yang sebenarnya lilin ini adalah sebagai pengawet mi instan.

Kemudian bila anda lebih suka masak mi instan goreng, maka sama seperti pada masak mi kuah, yaitu air sisa rebusannya di buang dan ditiriskan. Selanjutnya mi yang sudah ditiriskan disiram kembali dengan air panas yang bersih untuk menghilangkan sisa air rebusan dan lilin tersebut.

Biar lebih sehat, ada baiknya bila membuat bumbu mi sendiri. Anda bisa meraciknya sesuai selera. Namun bila tidak bisa, menggunakan bumbu bawaan dari mi instan pun tidak apa, tapi sebaiknya porsi bumbunya dikurangi, jangan digunakan semua bumbunya. Bila kurang asin bisa ditambah garam sendiri, begitu juga bila kurang pedas bisa ditambahkan dengan cabai segar.

Jangan lupa, biar mi instan semakin banyak kandungan gizinya, tambahkanlah sayuran semisal sawi hijau atau sesuai selera. Bisa juga dengan menambahkan sosis atau bakso bila suka.

Yang juga tidak kalah pentingnya adalah, kurangi intensitas mengonsumsi mi instan sebagai menu harian. Bila sebelumnya anda setiap hari makan mi instan, maka selanjutnya jadikan makan mi instan sebagai selingan dengan tenggang waktu 2 hingga 3 hari sekali. Jangan setiap anda lapar kemudian memasak mi instan.

loading...
Loading...
Tips Cara Memasak Mi Instan yang Sehat | chsa | 4.5