Loading...

Tips berinvestasi properti yang tepat

Investasi properti baik berupa tanah dan bangunan adalah investasi yang memiliki nilai jual kembali yang sangat tinggi. Walaupun membutuhkan modal besar, dengan berinvestasi properti dapat melipatgandakan uang yang anda miliki. Namun investasi jenis ini membutuhkan perhitungan yang matang dan memprediksi segala risiko yang mungkin bisa terjadi di masa depan.

Jika saat ini anda sedang mencoba berinvestasi properti, ada baiknya memperhatikan beberapa poin penting berikut ini.

1. Lokasi strategis

Rumah atau apartemen dengan lokasi strategis dan mudah dijangkau akan menjadi nilai lebih dalam memilih properti untuk investasi. Selain itu jika dekat dengan beragam pusat keramaian seperti mall, sekolah, kampus, bandara atau di tengah pusat kota akan memberikan keuntungan dalam nilai investasi anda. Sebaiknya hindari daerah yang rawan banjir atau rawan kebakaran karena akan mengurangi nilai properti tersebut.

2. Harga jual yang tinggi

Banyak agen properti yang memberikan portofolio investasi suatu properti yang anda inginkan. Namun sebaiknya anda juga harus lebih memperhatikan sedetail mungkin seberapa besar nilai investasinya sehingga properti yang anda miliki bisa dijual kembali dengan harga yang tinggi. Perumahan elit di kota-kota besar biasanya memiliki nilai jual yang lebih tinggi ketimbang perumahan warga sekitar. Karena itu sebelum berinvestasi properti ada baiknya anda mengkalkulasi nilai properti anda agar memberikan margin keuntungan yang pantas.

3. Cara pembayaran

Anda membeli suatu properti secara cash atau kredit? Jika anda membelinya dengan kredit, cicilan suatu rumah haruslah disesuaikan dengan budget anda sehingga meskipun anda menjualnya dengan sistem overkredit anda masih tetap mendapatkan keuntungan dari penjualan properti tersebut. Cara lain adalah dengan menyewakannya sehingga uang sewa tersebut bisa anda pakai untuk membayar cicilan investasi properti anda.

Berinvestai properti tidak bisa dilakukan dengan asal atau sembarangan, karena sedikit saja salah perhitungan maka investasi anda akan merugi. Pahamilah seluk beluk investai mulai dari hal-hal yang bersifat formal seperti perkara hukum jual beli tanah dan bangunan sampai hal-hal terkecil seperti kenyamanan dan keamanan properti tersebut.

loading...
Loading...
Tips berinvestasi properti yang tepat | akbar | 4.5