Loading...

Tips belajar mengendarai sepeda motor bagi pemula

Sepeda motor merupakan salah satu kendaraan alternatif di lingkungan perkotaan yang padat kendaraan dan sering megalami kemacetan. Jika anda mahir selap-selip dalam menerobos lalu lintas yang penuh sesak tentu akan lebih baik lebih ketimbang menghabiskan waktu berjam-jam di dalam mobil. Namun jika anda belum mampu mengendarai sepeda motor, itu bukanlah hal yang sulit sekalipun anda tidak bisa mengendarai sepeda roda dua. Banyak orang beranggapan sebelum belajar sepeda motor terlebih dahulu kita harus mampu menguasai sepeda roda dua, namun hal tersebut tidaklah benar. Ada banyak orang yang mahir mengendarai sepeda motor sekalipun mereka tidak dapat bersepeda.

Ingin tahu cara belajar mengendarai sepeda motor bagi pemula yang tidak bisa naik sepeda, simak panduan berikut.

1. Pastikan usia dan postur tubuh

Usia sangatlah penting, jika masih berusia dibawah umur disarankan untuk tidak mengendarai sepeda motor terlebih dahulu. Postur tubuh yang baik adalah jika kedua kaki dapat menapak sempurna di tanah ketika duduk diatas bangku kemudi. Jika kaki belum mampu menapak, tunda keinginan untuk mengendarai kendaraan roda dua tersebut.

2. Gunakan motor yang tepat

Sepeda motor jenis matic biasanya merupakan pilihan yang tepat untuk belajar. Selain penggunaannya tidak ribet, pengendarapun hanya cukup memainkan pedal gas dan tuas rem. Tentu saja ini lebih mudah daripada belajar menggunakan motor manual atau kopling.

3. Pastikan lokasi belajar aman

Lingkungan komplek merupakan tempat yang tepat untuk belajar. Pastikan bahwa lokasi tersebut aman dari lalu lintas kendaraan dan juga tempat bermain anak kecil demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu pastikan juga bahwa jalanan tidak licin, berpasir atau banyak polisi tidur.

4. Mulailah belajar

Tarik gas perlahan-lahan dan rem ketika ia mulai bergerak sedikit, ini bermanfaat untuk melatih keseimbangan. Setelah itu mulailah untuk menarik gas dalam-dalam sampai motor berjalan dan jangan takut untuk jatuh! Lakukan secara terus menerus sampai tubuh terbiasa degan cara membawa kendaraan tersebut, maka dalam waktu singkat anda akan mulai menguasainya.

Caranya mudah bukan? Meskipun begitu, pastikan juga anda sudah mahir mengendarai di lingkungan yang sepi terlebih dahulu sebelum terjun langsung di jalan raya.

loading...
Loading...
cara mengendarai motor matic bagi pemula, cara mengendarai motor matic di jalan raya, cara belajar motor matic bagi pemula, cara mengendarai sepeda motor, belajar motor, belajar motor matic di jalan raya, tips berkendara motor bagi pemula, tips mengendarai motor matic di jalan raya bagi pemula, cara belajar naik motor tapi tidak bisa naik sepeda, belajar motor bagi pemula, cara naik motor bagi pemula, cara naik motor, cara mengendarai motor gigi untuk pemula, cara mengendarai motor, cara meseimbangkan badan supaya bisa memakek motor

Tips belajar mengendarai sepeda motor bagi pemula | akbar | 4.5