Loading...

Tips Agar Produksi ASI Tetap Lancar dan Berkualitas Saat Puasa

Halaman: 1 2

3. Minum susu

Susu serta produk susu lainnya memiliki kandungan protein dan kalsium yang penting untuk perawatan jaringan tubuh serta beberapa fungsi fisik lainnya.

4. Hindari makanan pedas dan kafein

Makan makanan pedas bisa mempengaruhi kualitas ASI serta memberikan dampak buruk bagi kesehatan anak yang disusui. Karenanya, tidak jarang ada anak yang disusui mengalami diare ketika si ibu mengonsumsi makanan pedas. Selain itu, ibu menyusui juga disarankan menghindari minuman yang mengandung kafein dan pemanis buatan seperti kopi, teh, dan minuman bersoda. Alasannya adalah karena kafein bisa membuat ibu lebih cepat dehidrasi dan bisa menyebabkan sakit kepala.

5. Istirahat yang cukup

Tidak hanya menjaga makanan, namun ibu menyusui juga harus menjaga kesehatan badan. Salah satu caranya adalah dengan istirahat yang cukup. Tidur di siang hari adalah salah satu ide yang baik untuk memulihkan tenaga. Cobalah untuk lebih giat di pagi hari dan lebih santai di sore hari.

6. Makan tiga kali sehari

Selain makan saat berbuka dan sahur, ibu menyusui sebaiknya juga makan satu kali lagi untuk pemenuhan gizi dan nutrisi serta kualitas ASI yang baik. Ibu bisa makan lagi setelah shalat tarawih atau mungkin sebelum tidur. Penting juga bagi ibu menyusui agar jangan sampai sekali-kali melewatkan makan sahur atau berbuka puasa.

Dengan menerapkan cara menjaga kualitas dan produksi ASI ibu menyusui selama berpuasa di atas, maka ibu yang menyusui tidak perlu merasakan kekhawatir lagi dengan produksi dan kualitas ASI selama puasa Ramadan.

Itulah beberapa tips cara menjaga kualitas dan produksi ASI ibu menyusui selama puasa di bulan Ramadhan. Hal ini adalah sebagaimana yang dikutip dari laman Beauty Beyond Breast.

loading...
Loading...
Tips Agar Produksi ASI Tetap Lancar dan Berkualitas Saat Puasa | akbar | 4.5