Loading...

Tips Agar Bisa Hidup Harmonis dengan Mertua

Hidup serumah dengan mertua seringkali menyebabkan timbulnya berbagai masalah dalam berumah tangga, terlebih lagi bagi mereka pasangan yang baru menikah. Namun apa daya, kondisi keuangan terkadang tidak memungkinkan untuk bisa tinggal sendiri, bahkan sekedar untuk mengontrak.

Diperlukan adaptasi dan rasa saling menghargai yang cukup tinggi untuk bisa hidup harmonis serumah dengan mertua, apalagi bagi pasangan baru yang belum mengetahui bagaimana watak dari mertua. Terkadang hanya karena salah paham atau salah pengertian, masalah yang kecil bisa semakin membesar dan membahayakan keharmonisan dalam rumah tangga.

Namun jangan khawatir, ada trik bagaimana caranya agar bisa hidup harmonis serumah dengan mertua.

Bersikaplah yang wajar
Mertua juga makhluk normal seperti anda. Karena itu, tetaplah bersikap normal, maka mertua pun tidak akan mempunyai alasan untuk memulai konflik yang tidak perlu.

Jangan terlalu posesif
Jangan kuasai suami anda secara penuh, atau rumah tempat tinggal. Karena mertua pasalnya akan merasa kecewa jika anda menguasai sepenuhnya waktu suami. Bagaimana pun suami adalah anak dari mertua anda.

Bicara yang tegas
Anda perlu bicara dengan tegas, namun tentunya dengan cara yang sopan. Anda perlu mengkomunikasikan dengan jelas apa yang ada di dalam pikiran anda. Lakukan secara sopan dan lembut agar tidak ada yang merasa tersinggung.

Jangan tunjukkan perbedaan
Jangan tunjukkan perbedaan dengan pasangan. Suami istri bertengkar memang hal yang alami. Namun mertua tidak perlu tahu soal itu. Sebab, mertua hanya akan ikut campur dan menyebabkan masalah jadi tambah pelik.

Kuncinya diplomasi
Tidak semua hal harus dipaparkan secara jujur. Terkadang, anda juga harus menelan kenyataan yang pahit dan bersikap diplomatis agar anda tidak melukai mertua atau pasangan. Pengorbanan terkadang diperlukan agar anda dan mertua bisa hidup dengan damai.

Ada banyak manfaat
Hidup serumah bersama dengan mertua juga ada banyak manfaatnya. Biasanya mertua akan merawat rumah ketika anda pergi ke kantor, anak-anak anda juga akan ditemani orang yang terpercaya yaitu kakek dan neneknya. Pikirkan hal yang positifnya ketika anda sedang tidak betah tinggal bersama mertua.

Diam adalah emas
Belajarlah untuk diam pada saat anda sedang sangat marah. Kata-kata memang selalu bisa ditarik kembali, namun diam sama dengan mengutarakan ribuan kata. Karena itu, daripada menambah masalah, lebih baik anda diam.

Pecahkan masalah bersama
Anda perlu membuat mertua merasa seperti bagian dari keluarga. Libatkan mereka dalam keputusan terkait masalah rumah dan keluarga. Itu akan membuat mertua merasa dihargai dan dianggap ada.

loading...
Loading...
Tips Agar Bisa Hidup Harmonis dengan Mertua | lawas | 4.5