Loading...

Tips Agar Anak Bebas dari Penyakit Saat Musim Hujan

Musim penghujan seringkali membuat seseorang jadi lebih rentan terkena penyakit, apalagi anak-anak. Berbagai jenis penyakit seperti batuk pilek, diare, demam tifoid, leptospirosis dan infeksi pada kulit lebih rentan menyerang anak pada musim penghujan. Hal ini karena kondisi sistem kekebalan tubuh anak masih lemah bila dibanding dengan orang dewasa.

Namun ibu tidak perlu khawatir, karena seperti yang dikutip dari Mom & Kiddie, ibu bisa menghindarkan anak dari kemungkinan serangan penyakit saat musim hujan dengan melakukan hal-hal berikut ini:

– Orangtua harus menjaga kebutuhan dan kecukupan makan anak. Artinya usahakan anak tetap makan makanan yang bergizi, bernutrisi dan makan secara teratur. Tujuannya supaya daya tahan tubuh anak tetap baik, dan menjaga metabolisme tubuh anak.

– Untuk bayi-bayi yang masih mengonsumsi bubur saring, jika kondisi dan situasinya tidak memungkinkan untuk membuat bubur saring secara higienis, atau kesulitan dalam mendapatkan bahan untuk membuat bubur saringnya, maka bisa digantikan dengan bubur instan.

– Usahakan orangtua tetap memrioritaskan pemberian ASI eksklusif pada bayi. Jika benar-benar tidak memungkinkan memberikan ASI, maka orangtua bisa mengantikannya dengan ASI donor dan tidak menggampangkan dengan memberikan susu formula. Dalam keadaan bencana pemberian bantuan susu formula harus dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan setempat, tidak boleh langsung disalurkan kepada para pengungsi. Hal ini mengacu juga kepada rekomendasi IDAI tahun 2014 tentang bagaimana pertolongan pada anak saat bencana.

– Jagalah kebersihan tubuh anak, yaitu dengan memandikan anak hingga bersih dengan air bersih dan jangan lupa menggosok gigi anak.

– Usahakanlah selalu menggunakan air bersih untuk membersihkan tubuh anak, alat makan dan bagian rumah.

– Anak suka sekali bermain dan memegang berbagai hal yang ada didekatnya, maka ketika anak hendak memegang makanan atau minuman, cucilah tangan anak menggunakan sabun hingga bersih.

– Perhatikan pula kebersihan alat makan yang akan digunakan oleh anak, seperti piring atau mangkuk, sendok, garpu dan gelas.

– Gunakanlah masker hidung dan mulut atau perlindungan pernapasan pada anak, agar anak terhindar dari virus influenza yang berasal dari orang di sekitarnya.

– Untuk membantu pernapasan anak atau untuk membantu melegakan pernapasan anak ketika mengalami peradangan saluran napas, maka dapat menggunakan balsam yang mengandung minyak atsiri atau chamomile dan menthol yang direkomendasikan oleh dokter pada tubuh anak.

– Kebersihan lingkungan, utamanya tempat dimana anak tinggal dan bermain harus tetap dijaga seperti kebersihan lantai rumah, maupun tempat duduk.

– Hujan dan banjir membuat udara menjadi lebih dingin dari biasanya, untuk itu sebaiknya orangtua memakaikan anaknya dengan pakaian yang hangat. Pilihlah pakaian yang benar-benar bersih agar anak tidak mengalami infeksi pada kulit.

– Jika anak mengalami diare, orangtua dapat memberikan cairan yang cukup, serta oralit setiap kali anak buang air besar. Oralit bisa dibuat sendiri dengan mencampurkan 2 sendok gula dan garam setengah sendok teh dengan 200 cc air.

– Untuk anak yang mengalami demam tifoid, maka harus diberikan antibiotik yang kuat, dikarenakan demam tifoid bisa timbul secara berulang atau mengalami kekambuhan.

loading...
Loading...
Tips Agar Anak Bebas dari Penyakit Saat Musim Hujan | lawas | 4.5