Loading...

Tanpa Obat, Ini Cara Mengatasi Sakit Diare pada Ibu Hamil

Salah makan bisa saja dialami oleh ibu hamil. Akibatnya, ibu mengalami sakit perut atau diare yang dirasakan sangat mengganggu. Diare yang terjadi pada ibu hamil bisa menjadi sangat berbahaya bila tidak segera dilakukan tindakan penanganan dan pengobatan.

Selain membahayakan ibu, diare juga bisa berbahaya bagi kondisi janin yang dikandung ibu hamil. Karena itu sangat penting untuk mencegah diare pada ibu hamil, salah satunya yang paling penting yaitu dilakukan cara mengontrol pola makan.

Cara Mengatasi Sakit Diare pada Ibu Hamil

Meski langkah pencegahan diare sudah dilakukan, namun tetap saja diare bisa menyerang. Bila anda sudah terlanjur mengalami diare, maka anda bisa melakukan langkah sederhana berikut ini untuk mengatasi diare. Diantaranya:

1. Banyak minum air putih
Cairan dalam tubuh akan banyak hilang saat mengalami diare. Karena itu untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi, maka bisa dilakukan dengan memperbanyak minum air putih. Karena bila tidak, dampak pada kehamilan pun muncul yang tentu sangat mengganggu.

2. Banyak makan sayuran dan buah segar
Ibu hamil juga harus mengonsumsi makanan segar dengan cara diolah sendiri di rumah. Jangan terlalu banyak menambahkan MSG dan garam ke dalam masakan. Karena selain bisa memicu diare, MSG dan garam juga bisa membuat anda mengalami gangguan organ lainnya. Lebih baik untuk memperbanyak minum buah-buahan segar dalam bentuk minuman jus atau sayuran serba kuah untuk menghangatkan perut.

3. Konsultasikan dengan dokter
Jangan ragu untuk segera mengunjungi dokter bila diare yang anda alami sudah berlangsung selama beberapa hari namun sepertinya belum juga ada tanda-tanda akan sembuh. Karena dengan banyaknya cairan dan elektrolit dalam tubuh yang hilang bisa menyebabkan konsekuensi serius seperti keguguran. Untuk itu, segeralah untuk mencari bantuan ke dokter untuk penanganan yang aman.

Demikian adalah beberapa tindakan untuk mengatasi diare yang terjadi pada ibu hamil sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
Tanpa Obat, Ini Cara Mengatasi Sakit Diare pada Ibu Hamil | akbar | 4.5