Loading...

Tanda-tanda Tubuh Kekurangan Vitamin

Fisik yang lemah dan kadang kurang bergairah dalam beraktivitas merupakan tanda-tanda badan kurang nutrisi. Selain itu, tanda lainnya juga bisa tampak pada bibir yang pecah-pecah dan juga mata yang terasa kering.

Selain karena kurang asupan vitamin C dalam tubuh, bibir pecah-pecah juga menjadi tanda awal tubuh kurang sehat, demikian mernurut dokter umum RSUP dr Sardjito, Tri Widodo. “Biasanya dimulai bibir yang kering, itu kurang nutrisi dan vitamin dalam tubuh,” jelasnya kepada Harian Jogja saat bertemu di daerah Ngampilan, Senin (6/8).

Selama ini, banyak orang beranggapan bahwa bibir pecah-pecah merupakan tanda tubuh mengalami panas dalam atau gangguan tenggorokan. Padahal, alasan tersebut belum tentu tepat, pasalnya bibir pecah-pecah disebabkan kekurangan vitamin B2. Dalam hal ini, nutrisinya bisa diambil dari daging dan produk susu.

Selain pada bibir, kondisi serupa juga bisa terjadi di sekitar ujung bibir yang pecah dan berasa perih jika kulit ditarik. Hal itu, kata Widodo karena tubuh juga kekurangan zat besi, vitamin B12, B6 dan asam folat. Untuk ityu, sebaiknya asupan berupa daging, kacang-kacangan dan sayuran berwarna hijau banyak dikonsumsi.

Menurut Esti Nur, ahli gizi keluarga di Jogja, mengatakan bahwa kekurangan nutrisi tubuh juga terlihat dari tanda-tanda lain seperti mata terasa kering, kuku rapuh, dan kulit kering. “Mata terasa pedih, kondisi itu karena air mata tidak dapat membasahi mata dengan baik dan kurangnya vitamin A,” ujarnya beberapa waktu lalu di Babarsari.

Untuk mengatasi permasalahan itu, lanjutnya, sebaiknya segera mengatasi dengan mengonsumsi lebih banyak sayuran atau buah-buahan yang berwarna hijau, kuning atau oranye seperti wortel dan tomat. Sedangkan untuk mata yang merah menandakan kekurangan vitamin A dan B2. Dengan demikian tubuh perlu asupan susu, daging, buah atau sayuran berwarna oranye dan hijau.

Sementara, untuk kuku yang rapuh dan mudah patah, menurut Esti karena tubuh kekurangan zat besi, zink dan asid lemak pati. Untuk mengatasi masalah ini, konsumsilah makanan daging, kacang-kacangan dan ikan. “Kekurangan zat yang sama juga berpengaruh pada kesehatan kulit, kalau tidak kering kasat kadang malah berminyak, tandanya kurang sehat,” katanya.

Lebih lanjut menurut Esti, pada dasarnya tubuh yang sehat tidak selalu hasil konsumsi makanan-makanan yang dinilai berat oleh masyarakat seperti daging dan susu. Kadar gizi lain juga bisa menggantikan seperti sayur-sayuran dan buah. Dan lagi, tubuh yang sehat akan terlihat dari reaksi fisik dalam berkegiatan sehari-hari.

loading...
Loading...
kelebihan dan kekurangan yamaha lexam

Tanda-tanda Tubuh Kekurangan Vitamin | lawas | 4.5