Loading...

Tanda dan Gejala yang Tubuh Rasakan Saat Anda Terkena Kolesterol Tinggi

Kolesterol sebenarnya bukanlah penyakit. Namun, ketika anda sudah bermasalah dengan kolesterol berbagai ancaman penyakit berbahaya bisa menghampiri sewaktu-waktu. Berbagai penyakit berbahaya bisa timbul disebabkan oleh kolesterol tinggi, sebut saja misalnya serangan jantung dan stroke.

Meski kolesterol tinggi seringkali tidak memperlihatkan gejala atau tanda-tanda, namun pada beberapa kasus, kolesterol tinggi juga bisa menunjukkan gejala pada tubuh. Dokter Bahdar T. Johan, SpPD, ahli penyakit dalam RS Premiere Bintaro, seperti yang dikutip dari detikHelath, memberikan penjelasan mengenai gejala yang mungkin muncul saat seseorang terkena kolesterol tinggi. Berikut ulasannya:

1. Rasa berat di tengkuk hingga rasa pegal di pundak

Ketika anda merasakan berat di kepala dan pegal-pegal, bisa jadi itu adalah gejala awal anda terkena kolesterol tinggi. Rasa berat di tengkuk hingga rasa pegal di pundak ini disebabkan karena kurangnya pasokan oksigen.

2. Cepat mengantuk

Gejala lain dari kolesterol tinggi adalah cepat mengantuk. Ini paling sering terjadi pada orang yang kadar kolesterolnya tinggi sekali. Penyebabnya adalah karena kurangnya asupan oksigen ke otak akibat pembuluh darah yang menyempit karena adanya timbunan lemak akibat kolesterol.

3. Kesemutan

Terkadang kesemutan juga bisa disebabkan karena darahnya agak kental. Ketika seseorang mengalami kadar kolesterol yang tinggi, ini bisa menyebabkan aliran darah menjadi kental sehingga oksigen menjadi berkurang.

4. Timbunan lemak di atas kelopak mata

Adanya timbunan lemak di atas kelopak mata juga bisa menjadi petunjuk awal seseorang mengalami kolesterol tinggi. Biasanya timbunan ini mengandung kadar trigliserida (molekul asam lemak) yang tinggi. Namun ini hanya terjadi pada sebagian kecil orang saja.

5. Mudah lelah

Ketika plak terbentuk di dinding arteri, bisa menyebabkan kondisi seperti atherosclerosis, penyakit jantung koroner (PJK) dan penyakit mikrovaskuler koroner atau coronary microvascular disease (CMD). Kondisi-kondisi seperti inilah yang menyebabkan badan terasa mudah lelah.

6. Sering sakit kepala

Tingginya kadar kolesterol dalam darah memicu terjadinya penimbunan plak-plak di pembuluh darah arteri sehingga menyebabkan terjadinya artherosclerosis. Kondisi ini membuat arteri akan menyempit dan membuat aliran darah ke kepala dan otak berkurang, sehingga menyebabkan rasa sakit di kepala.

7. Kaki bengkak

Kaki merupakan organ tubuh yang paling jauh dari jantung. Ketika pembuluh darah menyempit dan asupan oksigen berkurang, maka tentu saja yang paling sedikit mendapatkan darah adalah kaki. Hal ini akhirnya menyebabkan kaki terlihat membengkak. Kondisi ini hampir sama dengan kondisi ketika Anda terlalu lama duduk selama perjalanan, terutama di kelas ekonomi.

loading...
Loading...
Tanda dan Gejala yang Tubuh Rasakan Saat Anda Terkena Kolesterol Tinggi | akbar | 4.5