Loading...

Tanda dan Gejala yang Muncul Bila Tubuh Kekurangan Vitamin C

Manfaat vitamin C ada sangat banyak. Beberapa diantaranya yaitu dapat membantu produksi kolagen yang berguna untuk kulit, pembuluh darah, tulang rawan, ligamen dan jaringan ikat atau tendon. Selain itu, vitamin C juga dibutuhkan oleh tubuh untuk mengobati luka, penyerapan zat besi, dan menjaga kesehatan tulang.

Tidak kalah pentingnya dari manfaat vitamin C adalah juga berpotensi sebagai antioksidan. Sehingga dengan tercukupinya asupan vitamin C ini dapat membantu mengurangi berbagai gangguan kesehatan akibat radikal bebas serta mencegah penyakit jantung dan kanker. Nah, sudah bisa dibayangkan bukan bagaimana dampak buruk yang bisa timbul bila tubuh kekurangan asupan Vitamin C?

Tanda-tanda Tubuh Kekurangan Vitamin C

Ketika seseorang mengalami kekurangan vitamin C, maka tubuh biasanya akan memunculkan reaksi atau gejala. Berikut ini adalah tanda-tanda tubuh yang kekurangan vitamin C. Diantaranya:

1. Gusi merah dan berdarah
Gusi memerah bahkan berdarah menjadi salah satu tanda yang paling mudah diperhatikan yang biasanya akan muncul ketika tubuh kita kekurangan vitamin C. Gusi sendiri terbentuk dari kolagen. Karena itu bila ada masalah pada gusi, ini artinyai asupan vitamin C yang bertugas memproduksi kolagen sangat rendah.

2. Hidung mimisan
Mimisan terjadi ketika pembuluh darah kecil yang terdapat di hidung pecah. Karena pembuluh darah membutuhkan asupan kolagen, maka ketika tubuh mengalami kekurangan vitamin C ini akan melemahkan pembuluh darah. Sehingga, pembuluh darah pun mudah pecah dan mengakibatkan mimisan.

3. Rambut kusam dan kering
Memiliki rambut yang terlihat sehat serta berkilau menandakan tubuh dalam kondisi yang sehat pula. Namun ketika kondisi rambut berada pada sebaliknya, yaitu mengalami kering dan kusam, ini berarti bahwa tubuh anda mengalami kekurangan Vitamin C. Kondisi rambut yang sehat dan kuat tergantung pada produksi kolagen.

4. Proses penyembuhan luka menjadi lama
Vitamin C dalam tubuh mempengaruhi mekanisme penyembuhan tubuh. Respons imun yang bekerja untuk mengobati luka dan melawan infeksi sangat mengandalkan Vitamin C. Lagi-lagi Vitamin dibutuhkan untuk pembentukan kolagen yang memperkuat jaringan bekas luka. Kekurangan Vitamin C membuat proses penyembuhan semakin lama.

5. Kulit jadi kering dan keriput
Kolagen membuat kulit kenyal dan bebas kerut. Jadi bukan hal yang aneh jika kekurangan Vitamin C dikaitkan dengan kulit keriput. Sebagai antioksidan, Vitamin C mengurangi kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, sehingga mengurangi risiko kulit gosong.

6. Tubuh mudah merasa letih
Keletihan adalah sebuah tanda dari banyak penyakit dan defisiensi. Vitamin C memainkan peran penting dalam memproduksi energi serta penstabilan suasana hati. Sehingga kekurangan Vitamin C dapat membuat energi dan suasana hati menjadi tidak seimbang.

7. Gampang terkena infeksi
Vitamin C membantu menstimulasi produksi sel darah putih yang dapat menyerang bakteri dan virus sebagai bagian dari respons imun. Sebagai antioksidan, Vitamin C juga membantu menjaga kesehatan sel-sel imun sehingga mereka dapat bekerja secara efisien mencegah infeksi.

Ketika anda merasakan tubuh kekurangan vitamin C, maka cobalah untuk meningkatkan asupan vitamin C dengan cara yang alami. Misalnya saja dengan memperbanyak konsumsi buah jeruk untuk meningkatkan asupan vitamin C. Selain dengan buah jeruk, ada juga beberapa buah sebagai makanan sumber vitamin C seperti nanas, mangga, kiwi, paprika, pepaya atau brokoli.

loading...
Loading...
Tanda dan Gejala yang Muncul Bila Tubuh Kekurangan Vitamin C | akbar | 4.5