Loading...

Take a time for your family

Mungkin anda sudah sering mendengar cerita ini, namun izinkan saya mengulangnya kembali karena cerita ini memiliki arti betapa pentingnya waktu untuk berkumpul bersama keluarga.

Di suatu sore seorang ayah mengajak anaknya untuk bermain di taman. Si anakpun begitu gembira menikmati beragam permainan di taman dan bermain bersama anak seusianya, sedangkan si ayah duduk di kursi taman sambil terus memperhatikan anaknya bermain. Tak terasa waktu terus berjalan, si ayahpun mulai berkata pada anaknya “De, ini sudah mau larut malam”, “10 menit lagi yah” jawab si anak dan diiyakan oleh ayahnya. Setelah 10 menit berlalu iapun kembali mengingatkan “Ini sudah 10 menit de”, “Oke pa, 5 menit lagi saja” balas si anak dengan sedikit memelas dan kembali mendapat anggukan persetujuan dari ayahnya. Tak berapa lama kemudian seorang ibu menghampiri ayah dari anak itu dan berkata “Wah, anda ayah yang baik sekali. Masih ingin menemani anak anda bermain bahkan memberinya waktu tambahan.” Si ayah hanya tersenyum dan menjawab “Bu, saya orang yang sibuk dan tidak punya waktu untuk menemani anak saya. Setiap kali saya mengingatkan waktu bermainnya yang sudah habis sebenarnya anak sayalah yang memberikan waktu tambahan bagi saya untuk menemaninya, bukan sebaliknya.”

Apa makna yang bisa kita ambil dari cerita diatas? Sesibuk apapun pekerjaan dan aktivitas kita sebaiknya gunakan waktu yang bisa dihabiskan bersama keluarga dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai waktu itu terbuang percuma hanya untuk mengejar materi tanpa kasih sayang yang bisa kita berikan pada orangtua, anak maupun saudara kita.

Jika anda ingin meluangkan waktu lebih kepada keluarga, cobalah beberapa tips berikut ini:

  1. Sisihkan waktu sedikit apapun demi mencurahkan perhatian anda kepada anak maupun orangtua. Cukup duduk di ruang keluarga dengan obrolan ringan akan mempererat ikatan keluarga anda.
  2. Jauhi segala sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan karena bekerja dan menghabiskan waktu bersama keluarga ada waktunya masing-masing.
  3. Buatlah quality time bersama keluarga seperti mengajak jalan-jalan atau berlibur. Sehingga anda memiliki pengalaman berkesan bersama orang-orang yang anda cintai.

Keluarga adalah harta yang paling berharga dalam hidup, dan andapun bisa hadir ke dalam dunia ini juga karena keluarga. Sesibuk apapun sebaiknya jangan pernah lupakan untuk meluangkan waktu sejenak bersama anggota keluarga, karena cinta kasih yang anda berikan tak bisa digantikan oleh apapun termasuk materi.

loading...
Loading...
Take a time for your family | akbar | 4.5