Loading...

Selain Bau Mulut, Ini Efek Samping Akibat Banyak Makan Jengkol yang Harus Diwaspadai

Jengkol menjadi salah satu makanan penyebab bau mulut. Karena itulah tidak sedikit orang yang membenci untuk makan jengkol. Namun meski jengkol sering menjadi penyebab bau mulut, nyata tetap ada banyak orang yang menyukai untuk makan jengkol. Mungkin anda salah satunya.

Bila anda termasuk salah satu penggemar olahan dari jengkol, maka anda harus mewaspadai akan bahaya jengkol bagi kesehatan. Jengkol bisa berdampak pada kesehatan ginjal hingga gagal ginjal akut. Demikian hasil dari sebuah studi yang dipublikasikan US National Library of Medicine National Institutes of Health, Kamis (22/12/2016).

Banyak Makan Jengkol Bisa Menyebabkan Jengkolan

Rendang Jengkol

Biasanya, gagal ginjal akut (orang biasanya juga menyebut kondisi ini dengan istilah jengkolan) ditandai dengan gejala mual, muntah, nyeri pinggang bilateral, hematuria (darah dalam urin), dan oliguria (urin kurang dari 400 mL/hari). Dilengkapi oleh penelitian lainnya, jengkol memiliki kandungan asam amino jengkol yang tidak biasa dan bisa membentuk kristal tajam di saluran kemih. Inilah yang menyebabkan rasa sakit dan hematuria.

Penelitian ini pun diuji coba pada tikus normal tanpa indikasi penyakit. Ternyata konsumsi jengkol bisa memberi toksik pada beberapa organ tertentu. Jengkol bisa menyebabkan hipertrofi dan lesi pada jantung. Selain itu, berdampak pada buruk pada kinerja ginjal, hari, paru-paru dan pankreas.Tak hanya itu, terlalu banyak konsumsi ginjal juga diasosiasikan pada sakit asam urat akut.

Sebetulnya, jengkol bisa dikonsumsi dalam takaran yang tidak berlebihan akan memberikan manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Manfaat dari mengonsumsi jengkol diantaranya adalah bisa membantu menstabilkan gula darah, ini ditunjukkan pada tikus percobaan dengan diabetes. Jengkol juga memberikan dampak yang positif untuk meningkatkan nafsu makan dan juga peningkatan berat badan.

Karena itu bagi anda yang hobi makan jengkol, anda tidak dilarang untuk mengonsumsi makanan ini. Tentunya selama mengonsumsinya dalam batas yang tidak berlebihan. Dengan demikian, anda akan mendapatkan manfaat baik dari jengkol untuk kesehatan tubuh.

loading...
Loading...
Selain Bau Mulut, Ini Efek Samping Akibat Banyak Makan Jengkol yang Harus Diwaspadai | akbar | 4.5