Loading...

Sebaiknya Hindari Minum Jus Jeruk Saat Minum Obat

Jeruk sangat baik untuk kesehatan, sehingga sangat dianjurkan untuk mengonsumsinya. Namun tidak demikian saat Anda sedang minum obat. Karena jeruk bisa mengurangi keefektifan obat atau meningkatkan potensinya di saluran darah ke tingkat yang berbahaya.

Jeruk mengandung enzim yang disebut CYP23A4, yang bisa berinteraksi dengan beberapa obat-obatan di saluran pencernaan.

Jenis obat yang terkena efek samping interaksi dengan jeruk mencakup obat-obatan penurun kolesterol dan beberapa yang menurunkan tekanan darah tinggi. Antara tahun 2008-2012 jumlah obat-obatan yang diketahui mempunyai efek samping jika diminum dengan jus jeruk meningkat dari 17 menjadi 43.

Sayangnya, banyak dokter yang tidak mengetahui adanya efek samping yang serius dalam sejumlah obat-obatan dengan resep jika berinteraksi dengan jeruk.

David Bailey, pakar farmasi klinis dari Lembaga Riset Kesehatan Lawson di Ontario, Canada mengatakan banyak pembuat obat-obatan mencantumkan peringatan tentang interaksi dengan jeruk pada merek mereka, tapi banyak dokter tidak mengetahuinya.

“Interaksi antara jus jeruk dan beberapa obat bisa menyebabkan perdarahan dalam saluran pencernaan, kesulitan pernafasan dan kematian mendadak bahkan lama setelah jus jeruk atau jus buah itu dikonsumsi,” kata Bailey.

Bailey menyarankan, agar pasien menanyakan kepada dokter atau petugas farmasi apakah boleh mengkonsumsi obat yang diresepken dengan jus jeruk.

loading...
Loading...
bahaya ultraflu, efek ultraflu

Sebaiknya Hindari Minum Jus Jeruk Saat Minum Obat | lawas | 4.5