Loading...

Rutin Makan Putih Telur Bermanfaat Menurunkan Tekanan Darah

Gambar Putih Telur. Manfaat Putih Telur untuk KesehatanPutih telur adalah cairan putih (disebut juga albumen atau glair/glaire) yang terkandung di dalam sebuah telur. Cairan ini terdapat di dalam telur yang sudah dibuahi dan yang belum dibuahi. Putih telur sangat baik untuk kesehatan salah satunya adalah bermanfaat membantu menurunkan tekanan darah, demikian hasil dari penelitian terbaru yang dipimpin oleh Dr Zhipeng Yu dari Jilin University di China.

Hasil laboratorium membuktikan bahwa zat putih telur, yaitu peptida atau yang disebut RVPSL, salah satu senyawa pembangun protein, dapat mengurangi tekanan darah sebanyak dosis rendah Captopril, obat penurun tekanan darah tinggi.

Senyawa ini mempunyai kemampuan yang kuat menghambat atau menghalangi gerak ACE, zat peningkat tekanan darah yang diproduksi dalam tubuh.

Percobaan pada hewan uji tikus menunjukkan bahwa RVPSL tidak memiliki efek toksik dan menurunkan tekanan darah. Penemuan ini dipresentasikan dalam National Meeting & Exposition of the American Chemical Society (ACS) di New Orleans, AS.

Peptida putih telur, termasuk yang telah diolah menjadi suplemen, bisa dugunakan sebagai tambahan obat tekanan darah tinggi.

Pada tahun 2009, para ilmuwan di University of Alberta, Kanada menemukan bahwa, telur memproduksi protein yang meniru aksi obat penurun tekanan darah.

Obat-obatan tersebut menurunkan tekanan darah dengan cara menghentikan hormon angiotensin yang berperan penyempitan pembuluh darah tubuh. Peneliti menemukan, ketika dikonsumsi, telur bersenyawa dengan enzim perut, menghasilkan protein yang bertindak dengan cara yang sama.

Peneliti di University of Missouri melaporkan bahwa sarapan telur yang tinggi protein adalah cara terbaik mengendalikan nafsu makan, sekaligus menghentikan kebiasaan ngemil di malam hari.

loading...
Loading...
putih telur untuk darah tinggi

Rutin Makan Putih Telur Bermanfaat Menurunkan Tekanan Darah | chsa | 4.5