Loading...

Ramuan Obat Tradisional untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kolesterol tak selalu buruk untuk kesehatan. Dalam ukuran normal, kolesterol juga sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kolesterol sendiri sebenarnya adalah salah satu unsur lemak yang mempunyai fungsi penting dan diperlukan dalam proses metabolisme tubuh, seperti untuk bahan pembentuk sel dan pembentukan hormon. Kolesterol baru dianggap berbahaya bila kadarnya berlebihan, terutama kolesterol jahat atau sering disebut LDL , sehingga menyebabkan penumpukan lemak yang lambat laun mengeras dan menyumbat pembuluh darah arteri.

Makanan adalah merupakan faktor penyebab tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Beberapa contoh makanan yang mengandung kolesterol dan lemak jenuh tinggi misalnya kuning telor, otak, jeroan, mentega, margarine, cumi-cumi, daging berlemak dan santan. Selain karena makanan, kolesterol cenderung meningkat pada orang yang mengalami masalah kegemukan, kurang olah raga, stress, dan perokok berat.

Salah satu contoh penyakit berbahaya akibat kolesterol tinggi adalah jantung koroner. Melakukan pencegahan terhadap kolesterol tinggi secara dini bisa mencegah anda dari serangan berbagai penyakit berbahaya yang diakibatkan oleh kolesterol tinggi.

Beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah kolesterol tinggi adalah:

  1. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat, seperti sayuran dan buah .
  2. Kurangi dan batasi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi.
  3. Lakukan olahraga secara rutin dan teratur.
  4. Jaga berat badan agar tetap seimbang, hindari stres dan juga tidak merokok.

Bagaimana bila kolesterol dalam tubuh sudah terlanjur tinggi?

Untuk anda yang sedang atau sudah terlanjur mengalami masalah dengan kolesterol tinggi, anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi ramuan herbal. Seperti yang dikutip dari blog milik Tjok Gde Kerthyasa, seorang praktisi homeopathy sekaligus peneliti obat alami, berikut ini cara membuat ramuan obat herbal untuk menurunkan kolesterol tinggi :

  • 30 gram daun jambu biji
  • 30 gram daun ceremai

Cara membuatnya cukup mudah, cuci dan bersihkan semua bahan tersebut kemudian rebus dalam 700 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu disaring. Airnya bisa diminum 2 kali sehari secara rutin.

Bila anda secara rutin mengonsumsi ramuan obat herbal untuk menurunkan kolesterol di atas, maka insya Allah kadar kolesterol dalam darah anda akan berangsur-angsur menurun.

loading...
Loading...
Ramuan Obat Tradisional untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi | akbar | 4.5