Loading...

Ramuan Herbal untuk Mengurangi Kolesterol yang Ampuh

Kolesterol seringkali dianggap sebagai musuh bagi tubuh yang membahayakan. Padahal, dalam jumlah yang wajar atau normal, kolesterol memiliki fungsi penting bagi tubuh. Misalnya dalam pembentukan hormon.

Kolesterol dapat digambarkan sebagai, zat lilin lembut yang ditemukan dalam aliran darah dan sel-sel tubuh kita. Kolesterol membantu melaksanakan fungsi-fungsi penting seperti memproduksi membran sel, merangsang produksi hormon tertentu, membantu dalam penyerapan vitamin D oleh tubuh, dll

Kolesterol sendiri merupakan metabolit yang mengandung lemak sterol (bahasa Inggris: waxy steroid) yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Merupakan sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupainya. Kolesterol ialah jenis khusus lipid yang disebut steroid.

Adapun beberapa manfaat dari kolesterol sendiri diantaranya adalah seperti:

  • Membantu pembuatan hormon
  • Membantu pembentukan vitamin D
  • Membantu penyerapan lemak
  • Membantu penyerapan kalsium
  • Memperlancar metabolisme tubuh
  • Membantu menjaga keseimbangan garam
  • Menguatkan membran sel
  • Membantu membangun kekebalan tubuh.

Kadar kolesterol tinggi dalam tubuh perlu dikhawatirkan, terutama bila anda adalah orang yang punya hobi makan, jarang berolahraga yang juga ditambah dengan kebiasaan merokok.

Makanan untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh, salah satunya adalah bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat. Beberapa contoh makanan untuk menurunkan kadar kolesterol misalnya ikan. Beberapa jenis ikan yang bisa dikonsumsi seperti ikan sarden, makerel, salmon, dan tuna, kaya akan kandungan omega 3 yang baik untuk jantung.

Oatmeal, kaya akan serat larut yang dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat. Dalam sehari, Anda setidaknya memerlukan 5-10 gram serat larut. Satu setengah cangkir oatmeal yang telah dimasak mengandung sekitar 6 gram serat. Anda dapat menambahkan buah di atas bubur oatmeal untuk memperkaya rasa.

Kacang-kacangan seperti almond, pistachio, hazelnut, dan lainnya dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Anda dapat mengganti makanan berlemak seperti keju dan daging dengan kacang-kacangan.

Minyak zaitun, mengandung antioksidan yang dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat. Gunakan dua sendok makan minyak zaitun dalam sehari untuk salad atau masakan Anda.

Ramuan yang Ampuh untuk Menurunkan Kolesterol

Untuk menurunkan kolesterol, banyak orang memilih untuk menggunakan obat penurun kolesterol. Selain itu, ramuan herbal juga bisa digunakan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Dikutip dari laman Boldsky, berikut ini adalah ramuan obat tradisional untuk menurunkan kolesterol.

Bahan yang diperlukan:

  1. Kurma tanpa biji 3-4 buah
  2. Jahe 2 Sendok teh

Cara Membuat Ramuan Penurun Kolesterol

Masukan semua bahan ke dalam blender. Tambahkan air secukupnya dan blender hingga rata dan halus untuk membentuk suatu campuran. Masukan kedalam cangkir.

Selanjutnya campuran ini bisa dikonsumsi setiap malam, setelah makan malam, setidaknya selama 2 bulan berturut-turut.

Namun bila anda rentan terhadap keasaman, maka anda bisa menggunakan kurma yang lebih sedikit dalam mempersiapkan obatnya.

Obat tradisional ini bekerja untuk mengurangi kolesterol, terutama bila anda meminumnya secara teratur ditambah dengan mulai berdiet dan berolahraga. Agar ramuan ini bekerja dengan maksimal, maka pastikan juga untuk menghindari makanan berlemak dan makanan yang kaya minyak.

Sumber: Boldsky, Liputan6, AloDokter.

loading...
Loading...
Ramuan Herbal untuk Mengurangi Kolesterol yang Ampuh | akbar | 4.5