Loading...

Ramuan Herbal: 5 Khasiat Brotowali untuk Pengobatan Tradisional

Gambar Tanaman Brotowali. Khasiat Brotowali untuk Pengobatan TradisionalBrotowali, tanaman obat yang masuk dalam familia Menispermaceae ini mempunyai rasa yang sangat pahit. Meski demikian, dibalik rasanya yang pahit ini brotowali kaya akan manfaat dan khasiat untuk kesehatan, khususnya sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai penyakit, baik luar maupun dalam. Sebagai pengobatan, bagian yang digunakan adalah batangnya.

Berikut ini adalah lima manfaat dan khasiat tanaman brotowali untuk pengobatan tradisional

1. Obat Kencing Manis
1/3 genggam daun sambiloto, 1/3 genggam daun kumis kucing, 3/4 jari ± 6 cm batang brotowali dicuci dan dipotong-potong, direbus dengan 3 gelas air sampai menjadi 2 gelas. Diminum setelah makan, sehari 2 X 1 gelas.

2. Obat Demam Kuning (icteric)
1 jari batang brotowali dicuci dan potong-potong, direbus dengan 3 gelas air sampai menjadi 1 1/2 gelas. Diminum dengan madu secukupnya. Sehari 2 x 3/4 gelas.

3. Obat Rheumatik (rematik)
1 jari batang brotowali dicuci dan potong-potong seperlunya, direbus dengan 3 gelas air sampai menjadi 1 1/2 gelas. Setelah dingin disaring, ditambah madu secukupnya, minum. Sehari 3 x 1/2 gelas.

4. Obat Demam
2 jari batang brotowali direbus dengan 2 gelas air, sampai menjadi 1 gelas. Setelah dingin, diminum dengan madu secukupnya. Diminum sehari 2 x 1/2 gelas.

5. Obat Kudis (scabies)
3 jari batang brotowali, belerang sebesar kemiri, dicuci dan ditumbuk halus, diremas dengan minyak kelapa seperlunya. Dipakai untuk melumas kulit yang terserang kudis. Lakukan sehari 2 x.

loading...
Loading...
Ramuan Herbal: 5 Khasiat Brotowali untuk Pengobatan Tradisional | chsa | 4.5