Loading...

Perlengkapan safety riding

Apa itu safety riding? Menurut beberapa sumber yang pernah saya baca, safety riding adalah suatu cara atau usaha seseorang untuk berkendara yang aman demi keselamatan diri sendiri dan orang lain.

Mengendarai kendaraan roda dua memang penuh risiko. Selain imbas dari kecelakaan yang berefek langsung ke tubuh, kesalahan dalam mengendarai motor juga dapat menyebabkan cedera ringan sampai serius bahkan kematian. Agar aman dan terkendali sebagai rider kitapun harus tahu teknik berkendara dengan benar saat di jalan raya. Selain itu kita juga dapat menggunakan beberapa perlengkapan safety riding untuk meminimalisir setiap risiko yang mungkin bisa terjadi.

Apa saja perlengkapan safety riding tersebut, simak ulasan dibawah ini.

1. Helm

Helm merupakan komponen terpenting yang bisa melindungi kepala dari benturan. Baik helm full face maupun half face harus harus terpasang dengan benar di kepala, pastikan tali pengikat helm bisa ’klik’ sehingga tidak akan terlepas ketika terjadi benturan. Pastikan juga helm anda berlabel SNI.

2. Jaket

Baik jaket, sweater maupun hoodie bisa digunakan untuk mengurangi dampak angin kencang yang merasuk ke dalam badan seperti masuk angin atau demam. Pastikan juga jaket anda berbahan tebal sehingga bisa meredam benturan keras yang akan berefek langsung ke tulang.

3. Sarung tangan

Berkendara di siang hari tentu akan menyebabkan tangan menjadi belang. Sarung tangan adalah perlengkapan berkendara yang mampu mengurangi belang di punggung telapak tangan anda. Andapun bisa menggunakan sarung tangan full agar jari-jari tidak ikut menghitam.

4. Celana panjang

Berkendara di malam hari akan sangat riskan jika menggunakan celana pendek. Udara malam yang sangat dingin tentu dapat menyebabkan meriang atau masuk angin. Gunakanlah celana panjang terutama yang berbahan tebal seperti jins yang juga bisa mengurangi dampak dari kecelakaan bila terjatuh dari motor.

5. Sepatu

Sebaiknya anda menggunakan sepatu saat menunggangi kuda besi anda. Bagian bawah kaki adalah bagian yang paling rawan cedera karena berbenturan langsung dengan aspal atau tertindih body sepeda motor. Sepatu boot biasanya digunakan oleh para rider agar tetap aman.

6. Masker

Masker dapat menutup wajah dari debu polusi dan kotoran. Asap kendaraan lain yang mengepul juga dapat menggangu pernapasan sehingga menggunakan masker atau sapu tangan ke bagian wajah dari hidung kebawah sangatlah dianjurkan.

Itulah beberapa perlengkapan safety riding yang bisa anda gunakan saat berkendara. Jika menempuh perjalanan jauh, tak ada salahnya kita lebih memperhatikan perlengkapan tersebut demi menjaga keselamatan dan kenyamanan saat berkendara.

loading...
Loading...
perlengkapan safety riding

Perlengkapan safety riding | akbar | 4.5